Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games Sumbang Rp40,5 Triliun untuk Jakarta dan Palembang

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional memperkirakan dampak langsung ekonomi penyelenggaraan Asian Games di DKI Jakarta dan Sumatra Selatan akan mencapai Rp40,5 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Perencanaan Pembangunan Nasional memperkirakan dampak langsung ekonomi penyelenggaraan Asian Games di DKI Jakarta dan Sumatra Selatan akan mencapai Rp40,5 triliun.

Asian Games 2018 akan segera berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus sampai 2 September 2018. Sebagai tuan rumah, Indonesia bersiap menampilkan yang terbaik dan memastikan pertandingan 40 cabang olah raga berjalan lancar.

Sebanyak 45 lima negara peserta Asian Games 2018 mengirimkan 11.429 atlet dan 5.000 officials. Mereka akan bersaing dalam 462 pertandingan yang diprediksi disaksikan 2 juta penonton, 200.000  di antaranya berasal dari mancanegara. Selain itu, 11.567 sukarelawan dan sekitar 7.000 media, baik lokal maupun internasional berpartisipasi dalam perhelatan olahraga tersebut.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan, penyelenggaraan Asian Games 2018 berdampak langsung pada perekonomian, melalui investas pemerintah untuk pembangunan infrastruktur pendukung dan sarana olah raga, operasional persiapan dan penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 2015-2018, dan pengeluaran wisatawan mancanegara dan nusantara.

Dari Rp40,5 triliun tersebut, dampak langsung terhadap ekonomi DKI Jakarta sebesar Rp22 triliun dari investasi konstruksi Rp13,7 triliun, operasionalisasi penyelenggaraan Rp5,8 triliun dan pengeluaran pengunjung baik mancanegara dan dalam negei Rp2,6 triliun.

Sementara itu, dia memaparkan dampaknya kepada Palembang sebesar Rp18,5 triliun dengan investasi konstruksi Rp15,4 triliun, operasional penyelenggaraan Rp2,1 triliun dan pengeluaraan pengunjung Rp968 miliar.

“Ada pula dampak second round effect yang terjadi karena adanya efek pengganda terhadap perekonomian sehingga dapat menyebabkan penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan penambahan pendapatan masyarakat,” ujar Bambang.

Pengunjung atau turis ke DKI Jakarta diperkirakan bertambah hingga 408.400 orang, dengan rincian 154.069 wisatawan mancanegara dan 254.332 wisatawan nusantara.

Adapun, pengunjung Palembang diperkirakan bertambah hingga 175.029 orang, terdiri atas 66.029 wisatawan mancanegara dan 108.999 wisatawan nusantara.

Sementara itu, atlet, official dan pengunjung akan mengeluarkan sejumlah dana selama perhelatan berlangsung. Atlet dan official diamsikan akan tinggal selama 12 hari, pekerja media 14 hari, wisatawan mancanegara 6 hari, satu hari untuk wisatawan nusantara Jakarta dan Palembang, serta tiga hari untuk wisatawan di luar Jakarta dan Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper