Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barata Akuisisi Pabrik Siemens, Ini Tanggapan Kementerian BUMN

Akuisisi pabrik Siemens Power dan Gas Turbine Components PT Siemens Indonesia oleh PT Barata Indonesia (Persero) diklaim pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan kandungan lokal dalam proyek strategis.
Prakash Chandran, CEO Siemens Indonesia/istimewa
Prakash Chandran, CEO Siemens Indonesia/istimewa

Bisnis.com,JAKARTA— Akuisisi pabrik Siemens Power dan Gas Turbine Components PT Siemens Indonesia oleh PT Barata Indonesia (Persero) diklaim pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan kandungan lokal dalam proyek strategis.

Barata Indonesia dan Siemens Indonesia telah melakukan penandatanganan asset purchase agreement (APA) di Gedung Kementerian BUMN, Kamis (2/8/2018). Perjanjian tersebut diteken oleh Direktur Utama Barata Indonesia Silmy Karim dan CEO Siemens Indonesia Prakash Chandran.

Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Imam Apriyanto Putro mengatakan rencana aksi korporasi tersebut sudah melalui pembicaraan panjang. Momentum akuisisi tersebut menjadi titik bagi Barata Indonesia untuk meningkatkan kandungan lokal dalam setiap proyek strategis pemerintah.

"Penambahan aset ini juga merupakan upaya dan salah satu komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan kandungan lokal dalam setiap proyek-proyek strategis pemerintah khususnya pembangunan pembangkit listrik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero),” ujarnya di Kementerian BUMN, Kamis (2/8/2018).

Seperti diketahui, pabrik Siemens Power dan Gas-Turbine Componentes di Cilegon, Banten telah memroduksi komponen untuk turbin uap dan gas. Selain itu, fasilitas tersebut juga menghasilkan peralatan tambahan untuk pembangkit listrik.

Adapun, hasil produksi diekspor ke banyak proyek pembangkit listrik Siemens yang tersebar di seluruh dunia.

Direktur Utama Barata Indonesia Silmy Karim mengklaim pengambilalihan aset akan meningkatkan kegiatan operasi perseroan. Selanjutnya, akan terjadi peningkatan akses market baik lokal maupun internasional dengan Siemens sebagai base load  khususnya dalam bisnis pembangkit tenaga listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper