Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semester II/2018, Menkeu Berharap Investasi Meningkat

Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap investasi dapat meningkat pada semester II/2018.
Ilustrasi investasi/Istimewa
Ilustrasi investasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap investasi dapat meningkat pada semester II/2018.

Pernyataan itu disampaikan  Sri ketika dimintai tanggapan mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,27% pada kuartal II/2018.

Dari sejumlah komponen Produk Domestik Bruto (PDB), nilai ekspor barang turun sebesar 1,19% dan impor barang naik 2,56%.

Menurutnya, impor bahan baku dan barang modal yang meningkat seharusnya diterjemahkan menjadi invetasi yang tinggi. Namun, investasi pada kuartal II/2018 hanya tumbuh sebesar 5,87% atau lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) pada kuartal-kuartal lainnya. Sri menyatakan investasi yang tinggi belum terlihat pada kuartal II/2018.

"Mungkin saja itu (investasi yang meningkat) munculnya di semester II," kata Sri ketika ditemui di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/8/2018)

Dengan meningkatnya investasi berkat peningkatan impor bahan baku dan barang modal ditambah kepercayaan yang bisa dijaga pemerintah, serta konsumsi dapat tumbuh stabil di atas 5%, Sri berharap pertumbuhan ekonomi tetap dapat positif pada semester II/2018.

Sri menyatakan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,27% pada kuartal II/2018 tersebut di atas perkiraan pemerintah. Sri mengatakan pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,16%-5,17% pada kuartal II/2018.

"Pertumbuhannya lebih tinggi daripada yang kita harapkan itu bagus, terutama merupakan hasil domestic demand yang kuat itu bagus," kata Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper