Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SoftBank Mobile Berencana Lepas Saham ke Publik

 SoftBank Mobile berencana melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) dengan mengincar dana sebesar US$30 miliar.
Bursa Jepang./Ilustrasi-Bloomberg
Bursa Jepang./Ilustrasi-Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - SoftBank Mobile berencana melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) dengan mengincar dana sebesar US$30 miliar.

Menurut seorang sumber yang mengerti jalannya diskusi, anak usaha SoftBank Group Corp, menargetkan nilai perusahaannya menjadi US$90 miliar dengan menawarkan 30% sahamnya dari target nilai tersebut.

“Perusahaan telah menyampaikan rencana tersebut kepada penjamin emisi,” kata sumber tersebut, seperti dikutip Bloomberg, Selasa (7/8/2018).

Sumber itu melanjutkan, SoftBank telah mewawancarai sejumlah perbankan untuk mengatur proses IPO. Selanjutnya, SoftBank bakal menunjuk beberapa underwriter utama secepatnya pada awal Agustus nanti.

“Beberapa perbankan investasi lokal dan asing telah mulai mengincar SoftBank dalam beberapa pekan terakhir,” ungkap sumber tersebut.

Namun demikian, sumber itu menambahkan, perundingannya saat ini masih di tahap awal dan nilai valuasi final masih akan berubah tergantung dengan respons dari para investor.

Adapun menyusul pemberitahuan tersebut, saham perusahaan induk, SoftBank Group Corp., menguat hingga 6,5% di Tokyo, atau kenaikan terbesarnya sejak 9 Juni 2018.

Sementara itu, pendapatan dari operasional telekomunikasi domestik SoftBank tersebut, yang terdiri dari layanan wireless, broadband, dan fixed-linetumbuh 4,6% menjadi 880,5 miliar yen pada kuartal II/2018.

Sejauh ini, SoftBank memiliki 33,6 juta pelanggan ponsel seluler, atau naik dari 434.000 dari kuartal sebelumnya.

Sejauh ini, perwakilan dari SoftBank masih menolak memberikan komentar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper