Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bappenas Tingkatkan Kapasitas Desa Dengan Cara Ini

RIF ini dilaksanakan diantaranya melalui bantuan teknis perizinan, peningkatan kapasitas UMKM, jaringan pemasaran. Tahun lalu, RIF sudah diperluas ke 6 kabupaten di daerah, diantaranya Tabanan, Lombok Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan dan Maluku.
Camat Sukapura Kabupaten Probolinggo Jawa Timur Julius Christian (kanan), mengajak sejumlah wartawan melihat pekerjaan  program dana desa di wilayahnya, Selasa (28/11/2017)./JIBI-Nurudin Abdullah
Camat Sukapura Kabupaten Probolinggo Jawa Timur Julius Christian (kanan), mengajak sejumlah wartawan melihat pekerjaan program dana desa di wilayahnya, Selasa (28/11/2017)./JIBI-Nurudin Abdullah

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah terus melaksanakan roadmap pengembangan daerah perdesaan sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019. Kali ini pemerintah meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Kanada guna mengangkat kemampuan teknis desa melalui dana inovasi responsif (RIF).

Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi, dan Perdesaan, Kementerian PPN/Bappenas, Sumedi Andono Mulyo mengungkapkan kerja sama pemerintah dengan pemerintahan Kanada ini diperluas dari sebelumnya hanya fokus pada Gorontalo dan Sulawesi Tenggara dengan penambahan 6 desa lainnya yang termasuk 6 kabupaten prioritas nasional setiap tahun sejak 2017.

"RIF ini bagian dari fokus di Sulawesi Tenggara dan Gorontalo, sebagai fokus kegiatan, lalu muncul tambahan beberapa kabupaten yang termasuk prioritas nasional yang terdapat di RPJMN 2015-2019. RIF ini sebagai insentif inovasi pembangunan dengan pengembangan ekonomi lokal," jelasnya kepada Bisnis, Rabu (8/8/2018).

Proyek di Sulawesi Tenggara dilaksanakan di Kota Kendari, Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Bombana. Sementara di Gorontalo meliputi Kota Gorontalo, Kab. Gorontalo, Kab. Gorontalo Utara, Kan. Boalemo, dan Kab. Pohuwato.

RIF ini dilaksanakan diantaranya melalui bantuan teknis perizinan, peningkatan kapasitas UMKM, jaringan pemasaran.  Tahun lalu, RIF sudah diperluas ke 6 kabupaten di daerah, diantaranya Tabanan, Lombok Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan dan Maluku.

"Kalau 6 Kabupaten tambahan tiap tahunnya ini hanya bantuan dana insentif saja pengembangan ekonomi lokal," paparnya.

Kerja sama ini melibatkan Kemenko PMK, Kementerian ATR/BPR, Kementerian Desa PDTT serta Pemerintah Kanada. Pemerintah Kanada memberikan dukungan teknis kepada Pemerintah Indonesia melalui Proyek National Support for Local Investment Climates (NSLIC)/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED).

Direktur Proyek NSLIC, Rino A Sa'danoer, mengungkapkan tujuan akhir proyek ini berupa peningkatan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat miskin melalui pengembangan iklim usaha dan pengembangan ekonomi lokal. 

"Diharapkan proyek ini dapat mendukung upaya-upaya mengatasi hambatan peraturan/perizinan terkait UMKM dan Koperasi, mempromosikan kerjasama antar daerah dan nasional, memperkuat dukungan nasional dalam pengembangan ekonomi di daerah, dan meningkatan akses pelayanan bagi pengembangan UMKM dan Koperasi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper