Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR 13 AGUSTUS: Indonesia Keteteran di WTO, Dagang-El Picu Impor

Berita mengenai Indonesia yang kerap keteteran di WTO dan belanja daring yang ditengarai sebagai penyebab meningkatnya impor menjadi sorotan media massa hari ini, Senin (13/8/2018).
WTO/Reuters
WTO/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai Indonesia yang kerap keteteran di WTO dan belanja daring yang ditengarai sebagai penyebab meningkatnya impor menjadi sorotan media massa hari ini, Senin (13/8/2018).

Berikut ringkasan topik utama di sejumlah media nasional:

Indonesia Keteteran di WTO. Kebijakan restriktif impor yang tidak diimbangi dengan kemampuan advokasi dalam sengketa dagang membuat Indonesia sering mengalami kekalahan di sidang World Trade Organization (WTO) selama 4 tahun terakhir. (Bisnis Indonesia)

Dagang-El Picu Impor. Booming belanja daring (e-commerce) pada akhir 2015 ditengarai sebagai penyebab meningkatnya impor barang konsumsi Indonesia dari yang porsinya terhadap keseluruhan konsumsi hanya 6,8% pada semester I/2013 menjadi 9,19% pada semester I/2018. (Bisnis Indonesia)

Proyek Infrastruktur Picu Defisit. Bank sentral menegaskan bahwa defisit transaksi berjalan pada kuartal II/2018 sebesar 3% atau US$8 miliar tidak dapat dihin dari seiring dengan giat nya pembangunan infrastruktur pemerintah. (Bisnis Indonesia)

Dana Pensiun Tak Wajib Lapor. Status Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) dan Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) dalam penyampaian informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan secara otomatis dipertegas. Dengan sejumlah pertimbangan, terutama dari aspek regulasinya, Ditjen Pajak menegaskan bahwa baik DPLK maupun DPPK masuk dalam kategori lembaga keuangan nonpelapor. (Bisnis Indonesia)

Merger & Akuisisi Kian Marak. Sejumlah emiten dari berbagai sektor usaha memilih strategi ekspansi anorganik untuk meningkatkan kapasitas dan memacu kinerja perseroan. (Bisnis Indonesia)

Defisit Transaksi Berjalan Mengkhawatirkan. Defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) pada kuartal II-2018 mencapai US$ 8 miliar atau 3% terhadap produk domestik bruto (PDB). Nilai itu melebar dibandingkan dengan kuartal II-2017 yang sebesar 1,96%. Nilai defisit itu juga lebih besar dibandingkan kuartal I-2018 yang sebesar 2,2% atau US$ 5,5 miliar. (Kontan)

Investor Asing Lirik Fasilitas Tax Holiday. Investor asal China dan Uni Eropa mulai menunjukkan minat atas fasilitas tax holiday. Para investor dari negara-negara ini bahkan sudah mengajukan fasilitas tax holiday. (Kontan)

AS Tabuh Perang, Ekspor Impor menjadi Taruhan. Timpangnya neraca perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) menjadi pintu masuk AS melancarkan perang dagang dengan RI. Untuk itu, pemerintah menyiapkan skenario, bahkan yang terburuk. (Kontan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper