Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Muamalat Salurkan Bantuan Rp1,1 Miliar untuk Korban Gempa Lombok

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyalurkan bantuan sosial senilai Rp1,1 miliar untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Bank Muamalat/Antara
Bank Muamalat/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyalurkan bantuan sosial senilai Rp1,1 miliar untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Penyerahan bantuan dilakukan di Desa Pemenang Timur, Kabupaten Lombok Utara oleh Chief Executive Officer Bank Muamalat Achmad K. Permana, Kamis (30/8/2018).

Permana mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dan diharapkan dapat berguna serta bisa meringankan beban para korban.

"Kami turut prihatin atas bencana yang melanda saudara-saudara di Lombok. Untuk bantuan awal kami salurkan apa yang menjadi kebutuhan primer mereka seperti sembako. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah di Lombok,” katanya melalui siaran pers hari ini, Kamis (30/8/2018).

Sebelumnya, Bank Muamalat telah menyalurkan bantuan tahap awal berupa kebutuhan dasar dan mendesak seperti bahan makanan, selimut dan tenda darurat.

Sementaera itu bantuan tahap selanjutnya, selain kebutuhan primer, Bank Muamalat juga membantu penyediaan rumah penampungan sementara, sanitasi dan kelas darurat senilai sekitar Rp950 juta.  Dengan demikian, total bantuan yang disalurkan mencapai Rp1,1 miliar.

Pemberian bantuan sosial tersebut disalurkan melalui Baitulmaal Muamalat (BMM) selaku  lembaga pengelola zakat Bank Muamalat.

Selain itu, bank syariah pertama di Indonesia ini juga tergabung dalam Sinergi Santunan Bencana Lombok antara Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)-Asbisindo/BPS-BPIH-Kementerian Agama bersama 13 bank lain yang ikut berpartisipasi dan bantuan sosial tersebut.

Permana menambahkan, pihaknya berharap bantuan untuk korban gempa di Lombok dapat berlanjut melalui program CSR unggulan BMI yang lain, seperti bantuan untuk biaya dan infrastruktur pendidikan melalui program Sekolah Prestasi Muamalat.

“Kami menyadari masih banyak perbaikan yang harus dilakukan untuk memulihkan Lombok. Kedepan, kami berharap dapat berkontribusi untuk pemberian beasiswa atau infrastruktur pendidikan," ujarnya.

Disamping bantuan dari perusahaan, Bank Muamalat juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum yang ingin membantu korban gempa bumi di Lombok melalui rekening Bank Muamalat atas nama Baitulmaal Muamalat 301-007-2163, dengan menambahkan kode unik 123 di akhir nominal donasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper