Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pegadaian Salurkan Outstanding Loan Rp39,2 Triliun Hingga Juli 2018

PT Pegadaian (Persero) mencatatkan pertumbuhan outstanding loan sebesar 8,95% secara year-on-year (yoy) hingga Juli 2018.
Warga menunggu melakukan bertransaksi di Kantor Pegadaian Cabang Senen, Jakarta, Kamis (15/6)./Antara-Akbar Nugroho Gumay
Warga menunggu melakukan bertransaksi di Kantor Pegadaian Cabang Senen, Jakarta, Kamis (15/6)./Antara-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pegadaian (Persero) mencatatkan pertumbuhan outstanding loan sebesar 8,95% secara year-on-year (yoy) hingga Juli 2018.

Direktur Pemasaran Pegadaian Harianto Widodo mengatakan sampai Juli 2018 perseroan membukukan outstanding loan senilai total Rp39,2 triliun, meningkat dari capaian periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp35,97 triliun. 
 
"Dari sisi outstanding loan, kami tumbuh 8,95% di angka Rp39,2 triliun pada Juli 2018," sebutnya kepada Bisnis, Kamis (13/9/2018).  
 
Pertumbuhan tersebut seiring dengan naiknya laba bersih perseroan yang tumbuh dua digit pada periode yang sama tahun ini. Hingga Juli 2018, lanjut Harianto, Pegadaian mencatatkan laba senilai Rp1,6 triliun atau tumbuh 15,17% secara yoy.
 
Dia menjelaskan pertumbuhan outstanding loan dan laba, khususnya selepas semester I/2018, banyak didongkrak oleh pembiayaan modal kerja sehabis Lebaran. Sebelumnya, Pegadaian mengalami penurunan penyaluran pembiayaan selama beberapa waktu sebelum dan sesudah Lebaran. 
 
Namun, hal tersebut merupakan siklus tahunan yang selalu terjadi. Terbukti, selepas Lebaran, penyaluran pembiayaan kembali bertumbuh. 
 
Hingga akhir 2018, Pegadaian menargetkan outstanding loan senilai Rp45,4 triliun atau tumbuh 23,37% dibandingkan capaian tahun lalu yang sekitar Rp36,88 triliun. 
 
"Target kami masih senilai itu [Rp45,4 triliun]. Sepertinya belum ada rencana revisi target," ujar Harianto. 
 
Sementara itu, jumlah nasabah ditargetkan bertambah 2 juta orang menjadi 11,5 juta nasabah hingga akhir tahun ini. Pada 2018, perseroan membidik pangsa pasar generasi milenial dengan mendirikan gerai gadai yang disatukan dengan kedai kopi bertajuk The Gade Gold and Coffee di sejumlah daerah di Indonesia. 
 
Baru-baru ini, Pegadaian juga memproses perizinan mendirikan anak usaha di bidang jual beli emas. Anak usaha tersebut rencananya bernama Pegadaian Galeri 24.

Perseroan telah menerima izin dari pemegang saham untuk mendirikan anak usaha dan saat ini izin pendiriannya masih diproses di Kementerian Hukum dan HAM. 
 
Perseroan menggelontorkan investasi sejumlah Rp250 miliar untuk mendirikan Galeri 24. Sebagian besar dana itu digunakan untuk modal kerja pengalihan kepemilikan emas yang awalnya berada di Pegadaian.  
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper