Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri BUMN Resmikan Sinergi BUMN di The Gade Village Magelang

Menteri BUMN Rini Soemarno menandatangani prasasti The Gade Village sebagai tanda keterlibatan sinergi BUMN dalam membantu peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dalam bentuk Bale Ekonomi Desa (Balkondes).
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri BUMN Rini Soemarno menandatangani prasasti  The Gade Village sebagai tanda keterlibatan sinergi BUMN dalam membantu peningkatan  ekonomi masyarakat di Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dalam bentuk  Bale Ekonomi Desa (Balkondes).

Rini mengatakan, Balkondes ini merupakan wujud dukungan BUMN kepada program  pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke  Indonesia, yang ditargetkan dapat menyentuh angka 20 juta orang pada 2019 mendatang.

The Gade Village ini merupakan salah satu dari 18 Balkondes yang dibangun oleh sinergi  BUMN di kawasan wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

"Balkondes ini merupakan Interconnecting Tourism System berbasis komunitas, yang selain  bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, juga pemberdayaan dan pengembangan  SDM yang berbasis wisata," tutur Rini dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (14/9/2018).  

Acara diisi oleh beberapa tarian khas daerah yang nantinya akan menjadi salah satu kegiatan resmi di Balkondes, yaitu pertunjukan seni tari daerah sehingga bisa menarik minat wisatawan ke desa tersebut

.Sementara itu, The Gade Village sebelumnya sudah diluncurkan oleh Pegadaian pada hari Senin 3 September  2018 lalu di Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, yang dihadiri Direktur  Utama Pegadaian (Persero) Sunarso, Direktur Utama PT. Pesonna Indonesia Jaya (PIJ) Renny  Soviahani, Camat Borobudur Nanda Cahyadi Pribadi, dan Lurah Desa Ngargogondo Suryono.

"Melalui keberadaan The Gade Village ini, Pegadaian dapat membantu pemberdayaan  ekonomi masyarakat Ngargogondo baik untuk usia produktif, anak-anak sekolah hingga para  lanjut usia. Karena tren desa wisata memainkan peranan penting sebagai kekuatan soft-power Indonesia, seperti halnya yang sudah dilakukan di Jepang, Belanda dan negara lainnya," kata  Sunarso. 

Sunarso berharap dengan adanya The Gade Village, pariwisata di sekitar candi Borobudur  dapat semakin ramai dengan mengangkat kearifan lokal dan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat di sekitar. "Sehingga diharapkan The Gade Village dapat menjadi wadah  pendukung pengembangan perekonomian melalui ekplorasi seni budaya dan sektor  pariwisata," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper