Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Menularkan Transformasi Bisnis Hingga ke Gunung Tilu

Semangat transformasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menjadi bank digital ditularkan kepada debiturnya yang juga bertransformasi seiring dengan perkembangan zaman.
Istimewa
Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Semangat transformasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menjadi bank digital ditularkan kepada debiturnya yang juga bertransformasi seiring dengan perkembangan zaman.

Transformasi tersebut turut dialami oleh salah debitur BNI, yaitu Mochamad Aleh Setiapermana atau akrab disapa Pak Aleh. Dia kini tak hanya jadi petani kopi, melainkan telah menjelma sebagai enterpreneur yang mampu membaca peluang pasar hingga dipercaya oleh 250 petani kopi di kawasan Gunung Tilu - Pangalengan sebagai ketua Koperasi Petani Kopi.

Aleh merupakan petani kopi yang telah menjalani profesinya sejak 1998 di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Lahan garapan yang dimiliki oleh Aleh luasnya sekitar 4,5 hektar. Hasil panen kopi dari lahan tersebut dijual pada Koperasi Produsen Kopi Margamulya yang memproduksi Kopi Java Preanger.

Nama Kopi Java Preanger sendiri telah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda di mana proses penanamannya merupakan bagian dari Tanam Paksa. Hasil panen para petani dikala itu diekspor ke seluruh dunia oleh Belanda dan sempat mendapat julukan A Cup of Java.

"Demi memajukan usaha dan meningkatkan kesejahteraan hidup Pak Aleh, BNI menawarkan kredit lunak, yang dinamakan Kredit Program Kemitraan," kata Corporate Secretary BNI Kiryanto dalam siaran pers seperti dikutip Senin (17/8/2018).

Hanya dengan syarat berusia lebih dari 21 tahun, memiliki pengalaman usaha lebih dari enam bulan, tidak memiliki fasilitas kredit produktif dari bank lain, serta menyerahkan jaminan barang berharga dan dokumen penting, debitur semacam Aleh bisa mendapatkan fasilitas kredit dari BNI dengan bunga sebesar 6% untuk kredit senilai Rp30 juta.

Sudah hampir 2 tahun berlalu sejak akad kredit, kolektabilitas atau kualitas kredit Aleh di BNI tetap lancar. Kolektabilitas lancar merupakan salah satu tanda dari kesuksesan usaha yang dijalankan debitur dengan menggunakan dana yang disalurkan oleh bank dalam bentuk kredit.

Dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun itu, kredit ringan yang diterima Aleh membuahkan hasil yang menggembirakan. Kini dirinya pun menjadi barista dengan mengelola Café Coffee House Gunung Tilu.

Keberhasilan tersebut juga menjadi hasil dari kerja keras Aleh berlumuran tanah menjadi petani kopi selama 17 tahun. Tidak hanya menyajikan kopi, sebagai barista yang memiliki bekal pengalaman sebagai petani kopi selama belasan tahun, Aleh pun memberikan pelatihan mengolah kopi dari awal penamanan hingga disajikan di cangkir. Pelatihan dilakukan di Café Coffee House Gunung Tilu yang ada di depan kebun kopi Aleh.

Aleh pun mendapatkan sejumlah prestasi. Pada Oktober 2017, menjadi Juara I Coffee Cupping Competition Jenis Arabika di Smesco Rembug Kopi Nusantara, Jakarta. Selain itu, menjadi Kelompok Tani Berprestasi untuk Komoditas Kopi pada Kategori Pengolah Hasil tahun 2015 dari Gubernur Jawa Barat. "Belum lama ini, kopi kami juga tercatat sebagai biji kopi dengan nilai jual tertinggi dalam sebuah lelang di Monas, Jakarta," ujar Aleh .

Kopi Java Preanger Gunung Tilu pun semakin harum wanginya hingga ke mancanegara. Selama ini, pada setiap masa panen pada bulan Maret atau Agustus, ada pengekspor kopi ke Jepang yang menampung kopi Java Preanger sebanyak 70 ton.

"Bulan Desember 2018, kami telah menjadwalkan ekspor perdana kami ke Jerman," tutur Aleh, sambil menambahkan bahwa dari 100 ton hasil panen di kelompok taninya, 70% langsung ekspor dan 30% dibeli oleh konsumen dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper