Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bhineka Life Dorong Petani Sadar Asuransi

Bhineka Life mendorong petani dalam negeri untuk lebih melek terhadap pentingnya asuransi sebagai instrumen perlindungan diri dan keluarga.
Petani menjemur gabah di tempat pengeringan gabah, di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2018)./ANTARA-Mohammad Ayudha
Petani menjemur gabah di tempat pengeringan gabah, di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2018)./ANTARA-Mohammad Ayudha

Bisnis.com, JAKARTA – Memperingati Hari Tani Nasional yang jatuh pada hari ini, Senin (24/9), PT Bhineka Life Indonesia mendorong petani dalam negeri untuk lebih melek terhadap pentingnya asuransi sebagai instrumen perlindungan diri dan keluarga.

Direktur Utama Bhinneka Life, Wiroyo Karsono menjelaskan saat ini belum banyak petani yang memiliki asuransi, khususnya asuransi jiwa. Padahal dengan asuransi, para petani dapat menjamin lahan pertanian mereka tetap produktif agar kebutuhan sehari-hari terpenuhi.

Wiroyo menjelaskan bagi para petani yang bekerja di sektor perkebunan misalnya, ketika usia tanaman perkebunan akan memasuki senja, produktivitas dari lahan tersebut akan menurun. Kondisi ini membuat petani harus melakukan peremajaan lahan untuk mengembalikan tingkat produktivitas hasil. Namun, proses peremajaan ini memerlukan biaya besar, sehingga petani harus menyediakan dana yang besar pula.

"Dengan asuransi yang memiliki manfaat investasi, para petani bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Pertama, petani dan keluarganya bisa mendapatkan perlindungan apabila terjadi risiko di masa depan dan tidak akan mengganggu keuangan untuk kebutuhan sehari-hari. Kedua, produk asuransi yang memiliki komponen investasi berupa unit link akan memberikan manfaat uang tunai di akhir periode yang bisa dimanfaatkan untuk meremajakan lahan pertanian mereka," kata Wiroyo dalam keterangannya, Senin (24/9/2018).

Bhinneka Life, lanjutnya, memiliki produk Bhinneka Assurance Link dan Bhinneka Assurance Safe yang memberikan manfaat ganda bagi para petani. Dia menambahkan, kepastian ketersediaan uang tunai pada periode tertentu akan melindungi petani dan lahan pertaniannya agar tetap produktif.

Guna memberikan pelatihan dan edukasi literasi keuangan bagi para petani di berbagai daerah di Indonesia, termasuk pentingnya asuransi, Bhinneka Life telah bekerjasama dengan BUMDes.

"Untuk mendukung para petani dan masyarakt pedesaan lainnya, Bhinneka Life bahkan memiliki produk dimana nasabah cukup membayar premi Rp 50,000 setahun yang bisa memproteksi hingga 4 anggota keluarga," kata Wiroyo.

Upaya pemerintah untuk memberikan asuransi bagi petani juga diwujudkan dengan diluncurkannya program asuransi pertanian yang tertuang pada Peraturan Menteri Pertanian No.40/ Permentan/ SR.230/7/201 yang menjadi dasar untuk melaksanakan Asuransi Pertanian.

Asuransi ini diluncurkan guna melindungi petani dari aksi para tengkulak yang memberikan pinjaman kepada petani, namun membeli hasil pertanian dengan harga rendah.

Sebagai negara agraris, sektor pertanian di Indonesia memegang peranan vital untuk ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi negara. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), bila dilihat dari sisi produksi, sektor pertanian merupakan sektor kedua setelah sektor industri yang memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Kinerja ekonomi Indonesia pada triwulan II tahun 2017 berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai Rp3.366,8 triliun. Ekonomi Indonesia pada periode ini tumbuh 5,01% dibandingkan periode yang sama tahun 2016. Pada triwulan II tahun 2017, sektor pertanian dalam arti luas telah menyumbang 13,92%, adapun pada triwulan I 2017, kontribusinya 13,59%.

Perlindungan terhadap sektor yang berkontribusi besar ini pun harus dilakukan, salah satunya adalah menumbuhkan kesadaran para petani untuk berasuransi. Selain melindungi diri dan keluarga, asuransi dapat menjamin lahan yang mereka kelola tetap produktif dan menghasilkan keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper