Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Diminta Proaktif Susun Regulasi Insurtech

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diminta untuk bersikap proaktif dalam menyusun regulasi asuransi digital (insurance technology/insurtech).
Ilustrasi asuransi
Ilustrasi asuransi

Bisnis.com, JAKARTA –  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diminta untuk bersikap proaktif dalam menyusun regulasi asuransi digital (insurance technology/insurtech).

Pengamat marketing sekaligus penulis buku, Yuswohady, mengatakan regulator Indonesia cenderung bersikap responsif dalam menghadapi sebuah inovasi. Artinya, pemerintah baru mengeluarkan kebijakan di saat ada keributan di masyarakat.

“Ada masalah, demo, pemerintah bingung bikin regulasi, polanya seperti itu. Regulator kita tidak bisa proaktif, tapi sifatnya responsif,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (3/10/2018).

Hal ini pun dinilai terjadi di sektor asuransi. Seperti diketahui, OJK belum mengeluarkan regulasi mengenai insurtech meski produk lainnya seperti penjaminan dan peminjaman uang tunai dengan skema financial technology (fintech) telah diberi payung hukum.

Sejauh ini, OJK telah mengatur perizinan bagi perusahaan peminjaman uang tunai berbasis teknologi yang diatur dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 77 Tahun 2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Adapun penjaminan diatur dalam POJK Nomor 2 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Usaha Lembaga Penjamin.

Yuswohady berasumsi lambatnya regulasi mengenai insurtech disebabkan skala prioritas di mana jumlah peminat insurtech tidak lebih banyak dari fintech

“Dari sisi kepentingan pasti yang didahulukan yang menyangkut hajat hidup orang banyak, seperti bank dulu, baru fintech, terus asuransi nanti,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper