Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IMF-WB Annual Meetings 2018 : Isu Lingkungan Ikut Dibahas

Mengawali Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 yang akan berlangsung pada 8-14 Oktober 2018 di Nusa Dua Bali, Panitia Nasional Pertemuan Tahunan melakukan penanaman bibit terumbu karang di Pantai Sofitel Nusa Dua, pada hari Minggu pagi (07/10).
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/JIBI-Abdullah Azzam
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA –Mengawali Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 yang akan berlangsung pada 8-14 Oktober 2018 di Nusa Dua Bali, Panitia Nasional Pertemuan Tahunan melakukan penanaman bibit terumbu karang di Pantai Sofitel Nusa Dua, pada hari Minggu pagi (07/10).

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan langkah ini merupakan wujud nyata kecintaan pada lingkungan dan bentuk solidaritas bersama terhadap lingkungan.

Acara Ini juga bagian dari rencana membuat Taman Terumbu Karang  Nusa Dua. Isu lingkungan memang menjadi salah satu bagian dari acara Pertemuan Tahunan, yang  bukan hanya membahas persoalan ekonomi saja.


“60% jenis spesies terumbu karang ada di Indonesia dari keseluruhan terumbu karang  di  dunia, atau yang terbesar di dunia. Kita harus mulai memikirkan sebuah bentuk perlindungan, dan  akan saya bawa ke Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 Bali. Karena ini bukan hanya milik Indonesia akan tetapi milik dunia yang harus kita lindungi bersama untuk generasi mendatang,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat acara berlangsung.

Sri Mulyani juga mengatakan bahwa, pada ajang Pertemuan Tahunan ini, Pemerintah akan mendiskusikan kebijakan keuangan untuk melindungi lingkungan hidup.

Acara ini juga dihadiri oleh Menko Maritim, Luhut B. Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry
Warjiyo, dan Managing Director IMF, Christine Lagarde.

Sementara itu, Menko Maritim, Luhut Pandjaitan mengatakan, bahwa kegiatan ini menunjukkan
komitmen Pemerintah Indonesia untuk melestarikan lingkungan, terutama di laut. Area Nusa Dua
sendiri adalah bagian dari coral triangle.

Terumbu karang bukan hanya tempat tinggal bagi biota laut, tetapi sumber protein yang besar.


Dalam kesempatan yang sama, Managing Director IMF, Christine Lagarde mengatakan, ini merupakan kesempatan kedua baginya untuk ikut dalam kegiatan peduli lingkungan bersama Menteri Luhut.

Sebelumnya, Lagarde ikut dalam kegiatan pembersihan sungai dari sampah terutama plastik.


Lagarde menambahkan, terdapat beberapa wujud kepedulian IMF terhadap lingkungan diantaranya, melakukan riset dan menerbitkan laporan mengenai bagian mana di bumi yang paling baik dan buruk terdampak perubahan iklim.

Selain itu, IMF juga menyiapkan skema pembiayaan untuk perlindungan (insurance) terhadap kelestarian lingkungan.

“Dalam kegiatan ini, kami menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan, perubahan iklim, dan kami mengucapkan terima kasih pada masyarakat Indonesia,” ujar Lagarde.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper