Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Bakal Jadi Mitra Strategis Bank Banten

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dikabarkan akan masuk sebagi pemegang saham di PT Bank Pembangunan Daerah Banten melalui mekanisme pembelian penerbitan saham terbatas (rights issue) yang akan dilakukan Bank Banten pada kuartal II/2019.
Bank Banten/Bisnis
Bank Banten/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dikabarkan akan masuk sebagi pemegang saham di PT Bank Pembangunan Daerah Banten melalui mekanisme pembelian penerbitan saham terbatas (rights issue) yang akan dilakukan Bank Banten pada kuartal II/2019.

Direkur Bank Banten Jaja Jarkasih mengatkan BRI sudah melakukan penjajakan awal terkait rights issue yang akan dilakukan oleh perseroan sebagai mitra strategis. Mitra strategis, lanjut Jaja, maksimal memiliki 25% saham Bank Banten.

Bank Banten masih membutuhka dana sekitar Rp265 miliar untuk melakukan right issue di kuartal II/2019 senilai Rp600 miliar. “Kita sudah masuk ke situ, pembicaraan awal," ujarnya, Selasa (9/10/2018).

Pemprov anten sebagai pemegang saham pengendali akan mengucurkan dana sejmlah Rp335 miliar yang berasal dari APBD-P 2018 senilai Rp175 miliar dan APBD tahun anggaan 2019 senilai Rp160 miliar.

Dengan demikian, Pemprov Banten masih berlaku sebagai pemegang saham utama dengan kepemilikan saham sebesar 51% melalui Banten Global Development

Meski demikian, Direktur Utama Bank Banten tidak mengatakan bahwa BRI hanya sebatas mitra strategis perseroan alih-alih pemegang saham.

“Saya tidak mau ngomong BRI, saya bilangnya aliansi strategis,” singkat Fahmi seusai Public Expose Bank Banten, Selasa (9/10/2018).

Fahmi melanjutkan, jika bukan dengan BRI, perseroan lebih memilih bekerja sama dengan perusahaan di industri perbankan dengan alasan platform yang sama dan dapat saling melengkapi.

“Aliansi strategic ini menggabungkan dua kekutan. Satu yang [memiliki jaringan] daerah, [Satu lagi dari bank besar yang memiliki] modal dan teknologi,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper