Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PPN dan World Bank Gelar Fourth High Level Meeting on Country-Led Knowledge Sharing

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional bersama World Bank menyelenggarakan “Fourth High Level Meeting on Country-Led Knowledge Sharing (HLM4 on CKS)” di Nusa Dua, Bali, Senin (15/10/2018).
Peserta berdiri di dekat logo Bank Dunia dalam rangkaian Pertemuan IMF  World Bank Group 2018, di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018)./Reuters-Johannes P. Christo
Peserta berdiri di dekat logo Bank Dunia dalam rangkaian Pertemuan IMF World Bank Group 2018, di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018)./Reuters-Johannes P. Christo

Bisnis.com, NUSA DUA— Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional bersama World Bank menyelenggarakan “Fourth High Level Meeting on Country-Led Knowledge Sharing (HLM4 on CKS)” di Nusa Dua, Bali, Senin (15/10/2018).
 
Kegiatan tersebut mengangkat tema “Local Innovation as Driver Global Development” dengan didukung oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Tim Koordinasi Nasional Kerja sama Selatan-Selatan, Islamic Development Bank (IsDB), Kerja sama Jerman, Japan International Cooperation Agency (JICA), dan USAID.
 
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan HLM4 on CLKS bertujuan untuk menyediakan platform bagi pembuat kebijakan, praktisi, dan mitra pembangunan untuk berdiskusi berbagi pengetahuan. Hal tersebut khususnya solusi dan inovasi lokal untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pembangunan.
 
“Saya berharap pertemuan hari ini dapat menghasilkan rekomendasi yang bersifat strategis, serta pendekatan-pendekatan yang inovatif untuk menghadapi tantangan pembangunan dalam rangka mencapai kesejahteraan bersama,” ujarnya dalam sambutan yang disampaikan melalui video, di Nusa Dua, Bali, Senin (15/10/2018).
 
Forum tersebut merupakan pertemuan keempat dalam rangka HLM on CLKS. Pertemuan pertama, berlangsung di Bali pada 2012, menghasilkan dokumen “Bali Communique” yang berisi komitmen dari negara-negara dunia untuk memperkuat inisiatif knowledge sharing untuk pembangunan.
 
Pertemuan kedua, berlangsung di Seoul, Korea Selatan, pada 2014, menghasilkan beberapa langkah kongkrit untuk memperkuat kerja sama dalam kerangka berbagi pengetahuan. Salah satunya, melalui penguatan kapasitas institusi penyedia dan penghubungan pengetahuan.
 
Pertemuan ketiga, berlangsung di Washington DC, Amerika Serikat, pada 2016, menyepakati pembentukan Global Partnership on Knowledge Sharing (GPKS). Wadah itu menjadi tempat bagi seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama mengatasi tantangan pembangunan melalui kerangka berbagi pengetahuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper