Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Emisi Global Bond US$1,5 Miliar

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) kembali menerbitkan obligasi global atau global bond dengan jumlah pokok kurang lebih US$1,5 miliar untuk mendanai kebutuhan investasi perseroan.
Petugas PLN/Bisnis.com-Denis
Petugas PLN/Bisnis.com-Denis

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) kembali menerbitkan obligasi global atau global bond dengan jumlah pokok kurang lebih US$1,5 miliar untuk mendanai kebutuhan investasi perseroan.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aloysius Kiik Ro mengatakan korporasi setrum milik negara itu telah menyelesaikan penerbitan global bond beberapa waktu lalu. Total dana yang dihimpun mencapai US$1,5 miliar.

“Tiga hari lalu Perusahaan Listrik Negara [PLN] telah menyelesaikan [global bond] US$1,5 miliar dengan suku bunga kompetitif,” ujarnya di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Saat dikonfirmasi Bisnis, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah membenarkan hal tersebut. PLN menerbitkan global bond senilai kurang lebih US$1,5 miliar untuk mendanai kebutuhan investasi dan kebutuhan program 35 gigawatt (gw).

Surat utang tersebut diterbitkan sekaligus dalam matang uang dolar Amerika Serikat dan Euro. Secara detail, US$500 juta dengan tenor 10 tahun 3 bulan, US$500 juta dengan tenor 30 tahun 3 bulan, dan 500 juta euro dengan tenor 7 tahun.

Adapun, tingkat kupon untuk masing-masing instrumen tersebut yakni 5,375%, 6,25%, dan 2,875%.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, sebelumnya PLN telah menerbitkan obligasi global dengan jumlah pokok US$2 miliar di Singapore Stock Exchange (SGX). Korporasi setrum milik negara itu mengemisi obligasi global dalam dua tenor yakni 10 tahun dengan kupon 5,45% dan 30 tahun dengan kupon 6,15%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper