Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Luncurkan Gerakan Ekspor Nasional

Sejalan dengan program pemerintah untuk mendongkrak ekspor nasional, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memprakarsai Gerakan Ekspor Nasional (GEN).

Bisnis.com, JAKARTA--Sejalan dengan program pemerintah untuk mendongkrak ekspor nasional, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memprakarsai Gerakan Ekspor Nasional (GEN).

Inisiatif ini bertujuan meningkatkan minat menjadi eksportir di kalangan generasi muda khususnya di perguruan tinggi dan UKM/IKM. Melalui GEN, diharapkan dapat melahirkan 100.000 eksportir baru/pemula sampai tahun 2030.

“Kita harapkan akan muncul para pelaku ekspor yang baru, sehingga ada diversifikasi produk atau pasar barang ekspor Indonesia ke negara-negara non tradisional maupun memasuki pasar-pasar tradisional, termasuk Amerika Serikat dan China,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa dalam sambutannya di Trade Expo Indonesia (TEI) 2018, dikutip dari keterangan resminya, Kamis (25/10/2018).

Selain diversifikasi produk ekspor, Rosan mengungkapkan pengembangan pasar ekspor, peningkatan harga ekspor dan pengembangan ekosistem ekspor menjadi empat pilar strategi untuk mengembangkan ekspor nasional.

Dalam penyelenggaraan TEI 2018 sebelumnya, Kadin berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk menghimpun mitra bisnis Indonesia. Tak hanya itu, kerja sama tersebut juga bertujuan memanfaatkan kesempatan selama TEI untuk menggali peluang kerjasama bisnis dengan pihak Indonesia, mengembangkan kerjasama investasi, hingga mengembangkan arus pariwisata imbal-balik dari dan ke negara-negara mitra bisnis Indonesia.

“Kadin intens mengadakan bisnis forum, B2B, matchmaking dengan delegasi negara lainnya, dan beberapa Chambers telah menandatangani MOU dengan Kadin untuk meningkatkan kerjasama perdagangan dan investasi,” paparnya.

Selama gelaran TEI, sedikitnya akan ada 19 negara yang akan melakukan pertemuan bilateral dengan Kadin, diantaranya Afrika Selatan, Bahrain, Pakistan, Alzajair, Bosnia, Kamerun, Papua New Guinea, Irak, Syria, Kuwait, Afghanistan, Kolombia, Malaysia, Oman, Turki, Bulgaria, Krosia, Rumania dan Rusia. Selain itu, organisasi negara-negara Amerika Selatan, Mercosur juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan.

Selain melakukan pertemuan bilateral, Kadin Indonesia melakukan penandatanganan MoU dengan negara-negara sahabat antara lain dengan Sarawak Business Federation, Algerian Chamber of Commerce and Industry, Federation of Syrian Chamber of Commerce dan dengan Union of Chamber and Commodity Exchange of Turkey.

“Kami harapkan kerjasama yang telah dijajaki dapat pula membuka akses yang lebih mudah bagi para pelaku ekspor Indonesia, sehingga tujuan dari Gerakan Ekspor Nasional dapat tercapai seperti yang kita sama-sama harapkan,” pungkas Rosan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper