Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AwanTunai Raih Pendanaan Seri A Senilai US$4,3 Juta

Perusahaan teknologi finansial AwanTunai meraih pendanaan Seri A senilai US$4,3 juta dari Insignia Venture Partners dan AMTD Group.
Ilustrasi teknologi finansial/Flickr
Ilustrasi teknologi finansial/Flickr

Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahaan teknologi finansial AwanTunai meraih pendanaan Seri A senilai US$4,3 juta dari Insignia Venture Partners dan AMTD Group.

Putaran pendanaan itu turut melibatkan beberapa modal ventura lain seperti Global Brains, Fenox VC, dan afiliasi lainnya.

AwanTunai merupakan salah satu perusahaan teknologi finansial (tekfin) pinjam meminjam yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan itu merupakan startup hasil inkubasi Paypal Singapura pada pertengahan 2018.

Didirikan oleh Dino Setiawan, Windy Natriavi, dan Rama Notowidigdo, AwanTunai merupakan solusi pembiayaan digital mikro yang bertujuan membantu mendigitalisasi bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). AwanTunai membangun distribusi digital untuk merchant mikro agar dapat mengakses modal kerja serta menerima fasilitas pembiayaan digital dari konsumen.

AwanTunai menyediakan solusi pembiayaan yang holistik untuk merchant mikro dengan modal kerja untuk toko kelontong, bengkel sepeda motor, pengecer toko elektronik, apotek, dan pedagang mikro lainnya yang melayani kebutuhan rumah tangga sehari-hari serta melayani pembiayaan konsumen bagi para pelanggan dari merchant tersebut, sehingga membantu meningkatkan penjualan.

Biaya yang ditawarkan relatif rendah untuk pasar yang belum terjangkau oleh perbankan. Hal ini sejalan dengan upaya AwanTunai untuk memfasilitasi perbankan dan multifinance yang memiliki suku bunga rendah dan menyalurkannya kepada pihak-pihak yang unbankable.

CEO Awan Tunai Dino Setiawan menyatakan misi perusahaannya adalah membantu lembaga keuangan yang ada untuk mendistribusikan produknya sekaligus menurunkan biaya akuisisi nasabah.

"Harapan kami, AwanTunai dapat menjadi katalis untuk perbankan sehingga dapat menyediakan akses layanan kredit berkualitas tinggi yang terjangkau ke seluruh lapisan masyarakat," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (13/11/2018).

Hingga Oktober 2018, AwanTunai telah melayani 300.000 aplikasi pinjaman. Perusahaan menargetkan dapat memberikan pinjaman modal kerja kepada 5000 merchant UMKM, seperti toko kelontong, bengkel dan toko susu pada akhir 2018.

Managing Partner Insignia Ventures Partners Yinglan Tan meyakini masa depan layanan keuangan berada di tangan layanan perbankan digital.

"Investasi kami di AwanTunai adalah salah bentuk dukungan kami untuk menjadi penyedia layanan perbankan yang ada serta mengadopsi teknologi yang diperlukan untuk mendistribusikan produk perbankan digital," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper