LAPORAN DARI ARGENTINA: Donald Trump dan Xi Jinping Tiba di Buenos Aires

Dua pemimpin negara besar di dunia, Presiden AS Donald Trump and Presiden China Xi Jinping, tiba di Buenos Aires, Argentina untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi G20.
Feni Freycinetia Fitriani | 30 November 2018 12:40 WIB
Banner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 terlihat di sudut-sudut kota Buenos Aires, Argentina yang menjadi tuan rumah pertemuan rutin tahunan itu, Kamis (29/11/2018). - Reuters/Pilar Olivares

Bisnis.com, BUENOS AIRES -- Dua pemimpin negara besar di dunia, Presiden AS Donald Trump and Presiden China Xi Jinping, tiba di Buenos Aires, Argentina untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi G20. 
 
Rombongan Presiden Xi dan delegasinya tiba di Bandara Internasional Ezeiza, Buenos Aires, Kamis (29/11/2018) malam waktu setempat, menggunakan pesawat Air China. Orang nomor 1 di Negeri Panda tersebut mengenakan setelan jas hitam dan dasi berwarna biru putih.

Presiden China Xi Jinping tiba di Bandara Internasional Ezeiza, Buenos Aires untuk menghadiri KTT G20./Official G20 Argentina 2018
 
Tak lama setelah itu, Presiden Trump mendarat di bandara yang sama, didampingi sang istri Melania Trump. Rombongan ini terlihat menggunakan pesawat Kepresidenan AS, Air Force One.
 
Kedatangan Trump dan Xi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 memang sangat ditunggu-tunggu jutaan orang di seluruh dunia. Hubungan kedua negara sedang memanas setelah saling balas menerapkan tarif impor, yang dipicu oleh kenaikan tarif dari AS untuk impor produk aluminium dan baja. 

Trump sudah mengancam akan kembali menaikkan tarif impor pada barang-barang dari China senilai US$200 miliar dari 10% menjadi 25%.

Selain mengikuti acara Leader's Meeting G20, keduanya juga dijadwalkan menggelar pertemuan empat mata atau bilateral meeting untuk membahas perkembangan perang dagang. Jika pertemuan tersebut terlaksana, maka itu merupakan pertemuan pertama antara Trump dan Xi setelah sengketa dagang dimulai. 

Presiden AS Donald Trump tiba di Bandara Internasional Ezeiza, Buenos Aires untuk menghadiri KTT G20./Official G20 Argentina 2018

Leader's Meeting G20 digelar pada 30 November-1 Desember 2018. Secara keseluruhan, ada 19 kepala negara serta perwakilan Uni Eropa (UE) yang akan hadir di acara tahunan tersebut.

Beberapa kepala negara yang sudah mendarat di Buenos Aires, antara lain Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Korea Selatan Moon Jae-In, Presiden Prancis Emannuel Macron, Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, PM Inggris Theresa May, PM Kanada Justin Trudeau, dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang memimpin delegasi Indonesia. 

Tag : g20, perang dagang AS vs China
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top