BRI Agro Raih Penghargaan Bank Indonesia

Jakarta, 27 November 2018, BRI Agro kembali mencatatkan prestasi dengan meraih penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik Kelompok Bank Buku 1 dan 2 dari Bank Indonesia.
MediaDigital | 30 November 2018 09:00 WIB

Jakarta, 27 November 2018, BRI Agro kembali mencatatkan prestasi dengan meraih penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik Kelompok Bank Buku 1 dan 2 dari Bank Indonesia.

Menjadi Perusahaan anak Bank BRI membuat BRI Agro tumbuh semakin kuat dan dengan fokus kepada sektor agribisnis yang menjadi keunggulan Indonesia sebagai negara agraris. Hal ini sejalan dengan Misi BRI Agro yaitu Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik pada segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terutama sektor agribisnis untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

UKM mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan, pertanian dan industri rumahan.

Dalam krisis ekonomi yang terjadi di negara kita sejak beberapa waktu yang lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami krisis dan mengalami perlambatan pertumbuhan, namun sektor UKM terbukti mampu bertahan dalam menghadapi krisis tersebut. 

Dalam Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari Pemerintah maupun masyarakat agar lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. Disamping peran pemerintah dalam membantu UKM, peran Lembaga Keuangan juga dibutuhkan dalam membantu permodalan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya.

BRI Agro dengan 18 Kantor Cabang , 20 Cabang Pembantu dan 4 Kantor Kas yang tersebar diseluruh Indonesia, hadir di tengah – tengah masyarakat untuk memberikan akses perbankan yang mudah dan cepat khususnya dalam pengembangan UKM. Sampai dengan akhir September 2018, BRI Agro telah menyalurkan kredit kepada UKM sebesar 28,88% untuk kredit kecil dan 71,12% untuk kredit menengah terhadap total kredit UKM. Sementara itu penyaluran kredit kepada UKM terhadap total kredit BRI Agro sebesar 34%.

BRI Agro memiliki produk dan skema pembiayaan investasi khusus yang disertai pendampingan. Beberapa diantaranya yaitu Pembiayaan plasma binaan dimana Perusahaan Inti telah dibiayai oleh Bank BRI dan/atau Bank BRI Agro selain itu kerjasama dengan pihak ketiga dalam pembiayaan perkebunan maupun penempatan dana, antara lain dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

BRI Agro memiliki strategi khusus dalam peningkatan Kredit UKM seperti Optimalisasi penggalian potensi bisnis pada debitur perusahaan inti (Trickle Down Business), mengembangkan pembiayaan dengan pola closing finance dan kerjasama kemitraan (Supplier kebun inti, buyer, dan distributor).

Selain itu dilakukan pula Gathering Bisnis dengan debitur eksisting secara berkala dengan pendekatan masing-masing lokasi unit kerja, meningkatkan dan optimalisasi penyaluran pembiayaan KUR dengan diversifikasi pembiayaan komoditi yang ada bagi mitra binaan perusahaan BUMN maupun swasta besar yang bereputasi baik.

Dengan program – program yang telah dijalani BRI Agro untuk mendukung perkembangan UKM di Indonesia, BRI Agro akan terus mendukung perkembangan UKM di Indonesia untuk memajukan perekonomian Indonesia sebagai bentuk komitmen BRI Agro sebagai lembaga keuangan perbankan di Indonesia yang fokus pada Agribisnis khususnya pada sektor UKM.

Tag : bri agro
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top