Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Terobosan Kebijakan dalam APBN 2019

Pemerintah mengklaim melakukan 6 kebijakan strategis yang menjadi terobosan dalam APBN 2019 dalam rangka meningkatkan efisiensi belanja dan optimalisasi pendapatan serta kemandirian APBN.
Ilustrasi APBN/Kemenkeu
Ilustrasi APBN/Kemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengklaim melakukan 6 kebijakan strategis yang menjadi terobosan dalam APBN 2019 dalam rangka meningkatkan efisiensi belanja dan optimalisasi pendapatan serta kemandirian APBN.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Bisnis dari Kementerian Keuangan, Selasa (11/12/2018) ,terdapat 6 kebijakan yang dianggap menjadi terobosan dalam APBN 2019 yang menjadikan APBN 2019 diklaim mandiri, efisien dan optimal.

Pertama, penguatan bidang kesehatan yang salah satunya difokuskan pada program penurunan stunting terintegrasi dengan melakukan intervensi gizi di 160 kabupaten/kota.

Kedua, penajaman anggaran pendidikan melalui peningkatan kualitas pendidikan vokasi dan penyelarasan dengan kebutuhan industri, serta pengalokasian dana abadi penelitian.

Ketiga, penguatan program perlindungan sosial melalui peningkatan besaran manfaat program keluarga harapan.

Keempat, pengelolaan khusus dana penangguiangan bencana alam atau pooling fund untuk kegiatan tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi akibat bencana alam.

Kelima, percepatan pembangunan infrastruktur dengan melibatkan peran swasta dan BUMN dalam mendukung pembangunan infrastruktur melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dengan skema availibility payment.

Keenam, pengalokasian DAU Tambahan untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan sebesar Rp3,0 triliun yang ditujukan kepada 8.212 kelurahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper