BI restui Permata akuisisi GE Finance

JAKARTA: PT Bank Permata Tbk mendapat restu dari Bank Indonesia terkait dengan akuisisi saham mayoritas GE Finance Indonesia. Melalui aksi korporasi itu diproyeksikan bisa meningkatkan usaha kartu kredit perseroan hingga tiga kali lipat.
News Editor | 08 Desember 2010 08:13 WIB

JAKARTA: PT Bank Permata Tbk mendapat restu dari Bank Indonesia terkait dengan akuisisi saham mayoritas GE Finance Indonesia. Melalui aksi korporasi itu diproyeksikan bisa meningkatkan usaha kartu kredit perseroan hingga tiga kali lipat.

Dirut Bank Permata David Fletcher mengatakan perseroan telah menuntaskan proses akuisisi GE Finance Indonesia setelah mendapat persetujuan resmi dari Bank Indonesia atas transaksi tersebut.Akuisisi ini merupakan tonggak penting dalam pertumbuhan bisnis Bank Permata untuk menjadi penyedia jasa keuangan terkemuka di Indonesia yang fokus pada segmen konsumer dan komersial, ujarnya dalam keterangan tertulis, siang ini.GE Finance adalah satu-satunya penerbit kartu kredit nonbank di Indonesia dan menguasai 6% pangsa pasar. Akuisisi ini secara efektif akan meningkatkan portofolio bisnis kartu kredit Bank Permata hingga tiga kali lipat dan menaikkan pangsa pasar kartu kredit menjadi 8%.Menurut Fletcher, akuisisi itu juga memberikan nilai tambah bagi Permata melalui kekuatan Ge Fiannce dalam hal basis konsumen, pemasaran dan pengembangan produk inovatif baik dari sisi sistem serta keunggulan manajemen risiko.Rencana akuisisi itu pertama kali diumumkan pada Juni 2010 melalui penandatanganan share sale agreement antara Bank Permata dan GE Finance.Fletcher mengklaim akuisisi itu sangat menguntungkan bagi bisnis consumer banking dan merupakan peluang strategis yang signifikan untuk memperluas jangkauan bisnis kartu kredit dan memperkuat platform pembiayaan bersama kendaraan bermotor Bank Permata.Dia mengungkapkan mengutarakan dengan akuisisi itu bisa menambah pangsa pasar kartu kredit dan pembiayaan bersama kendaraan bermotor dari GE Finance terhadap akses lebih dari 1 juta nasabah baru. Dipadukan dengan nasabah perbankan yang merupakan basis konsumen kami, ini merupakan peluang besar bagi Bank Permata untuk melakukan penjualan silang untuk berbagai layanan dan memberikan nilai-tambah." Dia mengungkapkan setelah akuisisi, perseroan akan mengintegrasikan portofolio kartu kredit GE Finance dengan perseroan di bawah manajemen Bank Permata. Proses ini diperkirakan akan selesai sekitar 9-12 bulan dan selama itu GE Finance akan terus beroperasi sebagai perusahaan yang berdiri sendiri.(mmh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Intan Permatasari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top