Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OCBC NISP lihat peluang akuisisi

JAKARTA: PT Bank OCBC NISP Indonesia Tbk membuka ruang melakukan akuisisi sebuah bank guna mendorong pertumbuhan secara unorganik untuk memacu aset masuk dalam lima besar bank swasta nasional pada 2013.Bank yang mayoritas sahamnya dikuasai oleh OCBC

JAKARTA: PT Bank OCBC NISP Indonesia Tbk membuka ruang melakukan akuisisi sebuah bank guna mendorong pertumbuhan secara unorganik untuk memacu aset masuk dalam lima besar bank swasta nasional pada 2013.Bank yang mayoritas sahamnya dikuasai oleh OCBC Singapura itu membidik bank yang lebih fokus kepada segmen konsumer, setelah sebelumnya OCBC NISP digabung dengan Bank OCBC Indonesia yang fokus pada korporasi.Direktur OCBC NISP Rama Pranata Kusumaputra mengatakan manajemen tidak menutup mata untuk melakukan akuisisi sebuah bank jika peluang tersebut ada agar turut membantu perseroan dalam memompa aset masuk dalam 5 besar bank swasta nasional."Kami tetap melihat peluang tersebut [akuisisi bank], kalau memang ada kesempatan kenapa tidak. Tetapi, harus ada sinergi usaha dengan kami. Memang itu tidak masuk dalam rencana bisnis tahun depan," ujarnya kepada Bisnis di sela-sela nonton bareng dengan wartawan di Jakarta pekan ini.Sinergi yang dimaksud Rama adalah, bank tidak harus memiliki fokus bisnis yang sama dengan perseroan. Bahkan, sambungnya, jika bank tersebut berbeda core bisnis akan sangat menguntungkan asalkan berkinerja baik.Menurut dia, bank yang konsentrasi pada segmen konsumer juga cukup bagus sebagai subtitusi bisnis perseroan. Pasalnya, dengan merger OCBC NISP dengan OCBC Indonesia telah memperkuat lini bisnis pada segmen korporasi.Rama menyampaikan bahwa perseroan tak hanya melihat kapasitas aset bank dalam akuisisi. Namun, lanjutnya, bank tersebut memiliki budaya kerja yang baik dan selaras dengan perseroan, sehingga mudah melakukan merger. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper