Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satu bank terancam turun status jadi BPR

JAKARTA: Satu bank terancam diturunkan statusnya menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menyusul kebijakan mengenai modal minimal sebesar Rp100 miliar yang akan berlaku akhir tahun ini."Sejauh ini masih ada satu bank yang masuk dalam pemantauan kami.

JAKARTA: Satu bank terancam diturunkan statusnya menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menyusul kebijakan mengenai modal minimal sebesar Rp100 miliar yang akan berlaku akhir tahun ini."Sejauh ini masih ada satu bank yang masuk dalam pemantauan kami. Kami akan terus memantau untuk mengetahui perkembangannya," kata Deputi Gubernur BI Muliaman D. Hadad saat ditemui, hari ini.Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya terus mendorong bank tersebut untuk dapat memenuhi ketentuan permodalan. Dia menyebutkan kekurangan modal bank yang masuk dalam pemantauan tersebut tidak lebih dari Rp10 miliar.Di sisi lain, ungkapnya, BI berencana memanggil seluruh Bank Pembangunan Daerah (BPD) pada 21 Desember nanti. Pertemuan itu, jelasnya, akan membahas mengenai permodalan sekaligus menyusun langkah strategis untuk mendorong bank daerah sebagai regional champion."Kami akan memanggil kepala daerah selaku pemegang saham BPD untuk membahas strategi kedepan kaitanya dengan kontribusi bank daerah bagi pembangunan diwilayahnya masing-masing," katanya.Menurut dia untuk mendorong bank daerah menjadi regional champion harus didukung oleh sumber daya manusia yang baik sekaligus tekhnologi. Selain itu, katanya, bank daerah juga harus memperbaiki kultur yang terbangun selama ini supaya dapat bersaing ditengah kompetisi industri perbankan. (bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper