Layanan e-Toll Card diperluas

News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Desember 2010  |  14:03 WIB

JAKARTA: PT Bank Mandiri Tbk memperluas penggunaan kartu prabayar khusus untuk membayar tol atau e-Toll Card hingga mencakup seluruh ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Dalam penerapan e-Toll Card, Bank Mandiri bekerja sama dengan PT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, kelompok usaha PT Jasa Marga Tbk. Kartu prabayar ini dapat digunakan di 28 gerbang dengan 83 gardu di sepanjang ruas tol JORR.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan kerja sama diharapkan dapat mendukung kelancaran transaksi pembayaran pada salah satu jalan tol terpadat di Indonesia.

"Sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi tingkat kemacetan dan potensi kerugian yang terjadi akibat pembayaran tol manual," kata Zulkifli dalam peresmian e-Toll Card untuk JORR, di Jakarta, hari ini.

Untuk tahun depan, tuturnya, Bank Mandiri menargetkan penggunaan e-Toll Card hingga ruas tol Jagorawi, ruas tol Cikampek serta lima ruas jalan tol lainnya. Hal ini sejalan dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama penerapan e-Toll Card antara Bank Mandiri dengan sembilan operator tol di Indonesia.

Direktur Utama Jasa Marga Frans S. Sunito mengatakan penerapan e-Toll Card merupakan upaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol. "Modernisasi pelayanan ini akan terus kita kembangkan sebagai komitmen peningkatan pelayanan kepada masyarakat," kata Frans.

Untuk penerapan, e-Toll Card di Jagorawi, menurut dia, akan segera bisa dioperasikan setelah gerbang tol Cimanggis Utama yang merupakan pengganti gerbang TMII, dioperasikan. Hal serupa juga dilakukan untuk tol Cikampek. "E-Toll Card bisa digunakan setelah gerbang tol Cikarang, yang merupakan pengganti gerbang Pondok Gede Timur, dioperasikan," kata dia.

Frans juga menambahkan tahun 2011, seluruh tol yang dioperasikan oleh Jasa Marga sudah menerapkan e-Toll Card. Hingga saat ini Jasa Marga sudah mengoperasikan 531 km jalan tol atau 72 % dari seluruh tol yang ada. Tahun depan Jasa Marga akan membangun tujuh tol di Indonesia.

Hingga November 2010, jumlah e-Toll Card yang telah diterbitkan mencapai 172 ribu kartu atau meningkat 76% dibandingan periode yang sama di tahun lalu. Sedangkan jumlah transaksi mandiri prabayar hingga November 2010 tumbuh 133% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Untuk pengisian e-Toll Card, Bank Mandiri telah menyediakan 6.000 outlet isi ulang di 600 cabang Mandiri, 4.500 toko Indomaret, 700 SPBU dan 12 sarana isi ulang self service terminal (SST) yang ditempatkan di lokasi strategis. Tahun depan Bank Mandiri akan menambah 200 SST isi ulang dan 2500 ATM di lokasi publik. (api)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top