Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) perbankan BUMN sudah mencapai Rp14,44 triliun pada 15 Desember 2010 atau 93% dari revisi target akhir tahun sebesar Rp15,4 triliun.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan penyaluran KUR tersbesar masih dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sebesar Rp8,91 triliun.

Dia pun mengaku sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh perbankan pelat merah dalam meningkatkan penyaluran KUR tersebut.

Penyaluran KUR sudah cukup baik, sudah Rp14,4 triliun atau 93% dari target revisi kami sebesar Rp15,4 triliun. Awalnya kami hanya menargetkan Rp13,1 triliun hingga akhir tahun ini, tapi ternyata sudah melebihi, ujarnya hari ini.

Selain BRI, gabungan 13 Bank Pembangunan Daerah (BPD) juga telah menyalurkan sebanyak Rp1,88 triliun, disusul oleh PT Bank Mandiri Tbk sebesar Rp1,61 triliun, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sebesar Rp803 miliar.

Adapun, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sudah menyalurkan KUR sebanyak Rp615 miliar, PT Bank Syariah Mandiri Tbk sebesar Rp402 miliar, dan PT Bank Bukopin Tbk sebesar Rp108 miliar. Mustafa menyatakan optimistis target akhir sebesar Rp15,4 triliun dapat terpenuhi.

Mudah-mudahan bisa tercapai. BNI yang masih kecil terus kami dorong untuk lebih banyak menyalurkan KUR. Sekarang sudah 50%-an, kami ingin bisa sampai 65%. Dan BRI yang terbesar sudah Rp8,9 triliunan, kami harap bisa bertambah menjadi Rp9,5 triliun. begitu juga dengan bank lainnya, tuturnya. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper