Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BoA, bank termahal di dunia

JAKARTA: Bank of America Corp (BoA), bank terbesar di AS berdasarkan nilai aset, menggeser posisi HSBC Holdings Plc sebagai merek bank paling mahal di dunia.Survei tahunan Brand Finance Plc bertajuk Global Banking 500 League Table 2011, yang dipublikasikan

JAKARTA: Bank of America Corp (BoA), bank terbesar di AS berdasarkan nilai aset, menggeser posisi HSBC Holdings Plc sebagai merek bank paling mahal di dunia.Survei tahunan Brand Finance Plc bertajuk Global Banking 500 League Table 2011, yang dipublikasikan hari ini, menunjukkan HSBC, bank terbesar di Eropa, turun ke peringkat ketiga setelah BoA dan Wells Fargo & Co, bank terbesar keempat di AS. Banco Santander SA asal Spanyol di urutan keempat, JPMorgan Chase & Co kelima, disusul Banco Bradesco SA dari Brasil keenam dan di posisi ketujuh adalah Barclays Plc. Sementara Industrial & Commercial Bank of China Ltd (ICBC) di posisi kedelapan, Citigroup Inc kesembilan dan China Construction Bank Corp kesepuluh. Goldman Sachs Group Inc justru merosot ke posisi 16 dari sebelumnya ke-7.Brand Finance, perusahaan konsultasi valuasi merek global, menghitung nilai masing-masing merek bank dengan memakai metode royalty relief. Metode ini mengestimasi harga royalti yang harus dibayar sebuah perusahaan pelaksana kepada perusahaan pemilik merek.Berdasarkan hasil survei yang dicantumkan di portal resmi Brand Finance, merek Bank of America bernilai US$30,6 miliar pada 2011 kendati kapitalisasi pasar bank ini lebih rendah dari HSBC di angka US$120,19 miliar. HSBC yang mengantongi kapitalisasi pasar US$171 miliar, nilai mereknya US$27,6 miliar.Survei itu mendata peningkatan nilai merek 500 bank dunia menyentuh US$139 miliar. Membaiknya industri perbankan AS ikut mendorong penambahan jumlah bank asal Negeri Paman Sam dalam daftar peringkat 2011 dari 85 bank pada 2010 menjadi 90 bank. Nilai merek bank AS juga melonjak 23% dari tahun sebelumnya. (yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper