Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PBI nasabah prioritas rampung Juni

JAKARTA: Bank Indonesia memperkirakan rancangan peraturan mengenai layanan nasabah prioritas dan pengelolaan kekayaan bisa rampung pada Juni 2011.Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A. Johansyah mengatakan saat ini kesiapan rancangan peraturan yang

JAKARTA: Bank Indonesia memperkirakan rancangan peraturan mengenai layanan nasabah prioritas dan pengelolaan kekayaan bisa rampung pada Juni 2011.Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A. Johansyah mengatakan saat ini kesiapan rancangan peraturan yang akan dibentuk dalam peraturan Bank Indonesia (PBI) itu telah mencapai 90%."PBI sudah siap 90%, pembicaraan mengenai PBI juga sudah, tinggal menyelesaikan beberapa hal sebelum dibawa ke RDG [rapat dewan gubernur]. Tetapi kami masih cross check lagi, mungkin akan dibicarakan kembali dengan industri," ujarnya di Jakarta, akhir pekan lalu.Bank sentral menilai peraturan tersebut sangat penting segera direalisasikan karena perlu panduan dalam menjalankan jenis layanan tersebut. Selain itu, bank sentral juga membutuhkan alat yang memiliki dasar hukum kuat guna melakukan pemeriksaan terhadap perkembangan layanan di perbankan.Dia mengklaim BI sudah lama akan melakukan standardisasi bagi layanan tersebut, tetapi kebutuhan kebijakan itu menjadi lebih mendesak pascapembobolan dana nasabah prioritas di Citibank oleh pejabat terkait."Priority banking adalah kreativitas masing-masing bank, sehingga belum ada standar. PBI ini akan menjadi tools kami apabila melakukan pemeriksaan layanan tersebut," ungkapnya.DIfi menyatakan salah satu hal yang paling penting untuk dibenahi adalah definisi layanan prioritas. Saat ini bank sentral masih melakukan survei guna mendapatkan definisi mengenai layanan prioritas, private banking serta pengelolaan kekayaan (wealth management).Sejauh ini, rancangan PBI itu mengelompokan layanan khusus tersebut ke dalam dua kanal, yaitu layanan nasabah prioritas dan private banking, sedangkan wealth management dimasukkan ke dalam jenis layanan private banking.(luz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Sofi’I
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper