BI targetkan TabunganKu capai Rp50 triliun

News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Mei 2011  |  08:57 WIB

MALANG: Bank Indonesia (BI) menargetkan nominal produk TabunganKu bisa mencapai Rp50 triliun dengan jumlah rekening sebanyak 54 juta sampai dengan lima tahun ke depan.

Deputi Gubernur BI Muliaman D. Hadad, mengatakan ada banyak cara dilakukan untuk percepatan peningkatan jumlah rekening tabungan dan nominalnya. Diantaranya dengan melibatkan Pemda dalam kampanye TabunganKu di daerah-daerah.

Bisa juga percepatan itu dilakukan dengan adanya kebijakan dari konglomerat yang memberikan gaji pekerjanya dalam bentuk TabunganKu. Gaji pembantu rumah tangga bisa juga diserahkan dalam bentuk TabunganKu, kata Muliaman D. Hadad di sela-sela Gerakan Indonesia Menabung (GIM) di Malang, hari ini.

Gubernur BI Darmin Nasution, menambahkan produk TabunganKu sebenarnya sangat strategis dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Produk tersebut merupakan financial inclusion.

Sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang masih belum dapat mengakases keuangan ke bank. Salah satu pintu agar masyarakat dapat mengakses keuangan ke bank lewat kegiatan menabung.

Dengan masyarakat biasa menabung, maka bank mengetahui mengetahui dengan baik nasabahnya, terutama kegiatan keuangannya. Atas dasar kebiasaan menabung itulah, bank bisa mengetahui kemampuan nasabah dalam mengangsur kredit, jika mereka mendapatkan kucuran kredit.(api)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top