Mandiri: Rencana akuisisi bank masih wacana

JAKARTA: PT Bank Mandiri Tbk menyatakan rencana akuisisi bank kelas menengah masih dalam wacana, meski hal itu masuk dalam rencana bisnis bank pelat merah itu.
M. Sofi’I
M. Sofi’I - Bisnis.com 31 Mei 2011  |  09:36 WIB

JAKARTA: PT Bank Mandiri Tbk menyatakan rencana akuisisi bank kelas menengah masih dalam wacana, meski hal itu masuk dalam rencana bisnis bank pelat merah itu.

Wakil Direktur Bank Mandiri Riswinanadi mengatakan rencana akuisisi bank kelas menengah masih taraf wacana dan sulit terealisasi tahun ini. Jadi yang kami sampaikan sekarang [tentang akuisisi bank] itu wacananya. Kalau wacana kan belum ada target banknya, ujarnya hari ini. Dia menjelaskan perseroan belum menentukan segmen bisnis dari calon bank yang akan diakuisisi. Namun, bank tersebut harus bersinergi dengan minimal salah satu dari tiga bisnis Mandiri yakni transaksional, ritel, dan mikro. Selain itu, lanjutnya, proses akuisisi juga akan melewati beberapa tahap mulai dari due diligence hingga financial diligence. Usaha kalau mau diambil alih kan harus ada kesamaan budaya dan segala macam yang musti dipelajari terlebih dulu. Kami terbuka bahwa ada wacana akusisi bank, tapi bukan berarti harus diselesaikan tahun ini, ujar Riswinandi. Meski mengakui masih dalam wancana, dia mengatakan perseroan telah mengalokasikan dana dalam proses akuisisi tersebut. Dana tersebut berasal dari hasil penawaran umum terbatas pada Februari 2011 yang menghasilkan Rp11,68 triliun. Dana ada dalam rencana bisnis tetapi belum bisa kami sampaikan. Ada bagian dari rights issue yg akan kami pakai untuk pertumbuhan, katanya. (luz)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top