Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menargetkan pertumbuhan kredit mikro Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat sebesar 30% pada tahun 2011. Jumlah ini sekitar Rp21,3 triliun jika dihitung dari total kredit mikro sampai Desember 2010 yang mencapai Rp71 triliun.

Direktur UMKM Jarot Kusumayakti menyampaikan BRI akan memberikan kredit terhadap pengusaha pasar tradisional dengan plafon pembiayaan sebesar Rp 500 juta dengan tingkat bunga 12% sampai 14%.

Hanya saja, dia mengungkapkan perseroan tak memiliki batasan jumlah dana untuk pembiayaan pasar rakyat tersebut.

Dana yang disediakan tidak ada batasan, totalitas saja. Jumlah [pembiayaan] untuk pasar tradisional Rp500 juta maksimal, tapi kalau ada yang butuh lebih dari Rp500 juta kita akan siapkan. Bunganya 12 hingga 14%, kata Jarot di Jakarta, hari ini.

Upaya pembiayaan mikro tersebut salah satunya disalurkan melalui Teras BRI, yakni kepanjangan unit BRI yang ditempatkan khusus di pelosok Indonesia untuk mendorong penyaluran kredit Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM).

Terhitung hingga 19 Juli 2011 perseroan telah mengoperasikan 972 Teras BRI. Selama tahun 2011 akan dibuka 700 Teras BRI, kami optimis dapat tercapai, katanya.

Sebelumnya, tambah Jarot, BRI telah menandatangani kerjasama dengan 36 pengelola pasar di seluruh Indonesia dengan jumlah pasar yang telah diakuisisi kurang lebih 400 pasar sampai Juni 2011.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper