Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nasabah serap Rp15,3 triliun cash BRI untuk Lebaran

JAKARTA: Seluruh dana yang dipersiapkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk pada liburan Lebaran lalu habis diserap oleh nasabah.Kini, BRI siap menghimpun kembali dana nasabah pada hari pertama setelah libur. “Uang yang disediakan untuk menghadapi

JAKARTA: Seluruh dana yang dipersiapkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk pada liburan Lebaran lalu habis diserap oleh nasabah.Kini, BRI siap menghimpun kembali dana nasabah pada hari pertama setelah libur. “Uang yang disediakan untuk menghadapi dan operasional Lebaran sebesar Rp15,3 triliun terserap seluruhnya oleh nasabah,” ujar Muhamad Ali, Sekretaris Perusahaan BRI, kepada Bisnis hari ini.Sebagian besar dana tersebut, yakni Rp9,51 triliun disiapkan bank terbesar kedua dari sisi aset ini pada 6.794 anjungan tunai mandiri (ATM) yang tersebar di seluruh Indonesia.Hal tersebut dilakukan karena perseroan mengandalkan ATM dalam melayani kebutuhan nasabah selama libur. ”ATM akan kami persiapkan secara maksimal, karena penggunaan e-channel tertinggi selama hari raya adalah ATM,” ujarnya.Dia menjelaskan kenaikan penggunaan ATM terjadi di awal Ramadhan, yang meningkat 11,76% menjadi 1,53 juta transaksi perhari. Sementara nominal transaksi ATM hingga mencapai Rp770 milyar perhari dengan kenaikan dari awal Ramadhan sebesar 10,82%.Pasca libur lebaran, jelas Ali, biasanya transaksi nasabah akan didominasi oleh penyetoran dana tunai.  “Ada persiapan di sejumlah cabang untuk mengantisipasi lonjakan penyetoran dana, karena selama libur kemarin BRI hanya melayani nasabah dengan operasional terbatas."Sementara itu, lanjutnya, untuk aktifitas nasabah secara keseluruhan belum akan maksimal pada Senin besok dan akan pulih secara bertahap.“Senin kami perkirakan 65% aktivitas nasabah sudah berjalan dan rabu sudah mencapai 100%. Adapun operasional seluruh unit kerja sudah berjalan 100% pada Senin." (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Donald Banjarnahor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper