BJB pimpin sindikasi kredit Rp150 miliar

 
M. Munir Haikal
M. Munir Haikal - Bisnis.com 16 September 2011  |  17:04 WIB

 

JAKARTA: PT Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk memimpin sindikasi kredit investasi senilai Rp150 miliar dengan bunga 12,5% kepada  PT Global Land Development Tbk.
 
Sindikasi tersebut turut melibatkan PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Utara dan PT BPD Papua dengan nilai kredit masing-masing senilai Rp50 miliar dengan jangka waktu 10 tahun.
 
Direktur Utama BJB Bien Subintoro mengungkapkan penyaluran kredit sindikasi tersebut sejalan dengan rencana Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) untuk meningkatkan porsi kredit komersial dan korporasi hingga mencapai 50% dari keseluruhan penyaluran kredit perseroan.
 
"Di BJB, mayoritas masih kredit konsumer sebesar 60%-70%. Ke depan komersial makin banyak, contohnya infrastruktur, ini kan berkembang dengan pesat. Ke depannya makin turun porsi konsumer, menuju 50:50. Dialihkan ke komersial dan mikro," ujarnya usai penandatanganan kredit sindikasi tersebut hari ini.
 
Termasuk pembiayaan tersebut, dia mengaku telah menyalurkan kredit sindikasi sekitar Rp 5 triliun ke beberapa bidang, di antaranya infrastruktur sebanyak 60%-70%, sisanya pembiayaan ke pembangkit listrik, jalan tol, dan industri.
 
Menurutnya, BJB berencana menyalurkan lebih banyak kredit sindikasi dan menjadi pemimpin di lebih banyak kredit sindikasi tersebut. Pembiayaan tersebut rencananya akan lebih banyak disalurkan untuk pembangunan infrastruktur.
 
Selanjutnya, tambah Bien, hingga akhir tahun ini BJB juga telah menyiapkan dana kredit sindikasi sebesar Rp800 miliar-Rp1 triliun yang akan disalurkan kepada 3 perusahaan bidang infrastruktur, terutama jalan tol dan pembangkit listrik. (sut)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top