Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: PT Bank Negara Indonesia Tbk ditunjuk sebagai bank penjamin dan agen pembayaran oleh PT Pertamina, Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation sebagai kontraktor penjual LNG dan LPG Blok Mahakam.
 
Bank pelat merah itu akan menerima dan mengelola pembayaran dari kontrak komoditas tersebut. Pembayaran dari penjualan kontrak Mahakam dibayarkan ke rekening BNI Cabang Singapura.
 
Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan surat penunjukkan oleh Direktur Keuangan Pertamina M. Afdal Bahaudin, Presdir & GM Total E&P Indonesie, Direktur Aset Indonesia Inpex Corporation Yutaka Inoue dan Dirut BNI Gatot M. Suwondo.
 
Hadir dalam kesempatan itu Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi R Priyono di sela-sela acara Asia Pacific Oil&Gas Conference and Exhibition di JCC, siang ini.
 
Gatot mengutarakan penunjukan BNI melalui BNI Cabang Singapura sebagai satu-satunya bank nasional yang memiliki izin lisensi cabang penuh sehingga bisa memberikan pelayanan bank penjamin (trustee) dan agen pembayaran (paying agent) kontrak LNG dan LPG.
 
"Hal ini suatu terobosan baru industri perbankan Indonesia karena transaksi ini melibatkan pelaku industri minyak dan gas berskala internasional yang selama ini menggunakan bank asing. Ini pertama kali bank nasional diberikan kepercayaan dalam transaksi seperti ini," ujarnya.
 
Dia menambahkan penunjukan itu juga menjadi bukti komitmen BNI dalam mendukung perkembangan industri minyak dan gas sebagaiaset bangsa yang dioptimalkan manfaatnya oleh bangsa sendiri.
 
Sebelumnya BNI juga telah ditunjuk dan menjadi mitra kontraktor LNG dan LPG seperti Pertamina, Total E&P dan Inpex Corporation. (sut)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Saeno
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper