Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Orang Kementerian BUMN dinilai pantas jadi direktur BRI

JAKARTA: Meskipun belum memiliki berpengalaman sebagai direktur bank, namun Asisten Deputi Kementerian BUMN Gatot Mardiwasisto dinilai memiliki kompetensi untuk menjadi Direktur SDM Bank Rakyat Indonesia.Untuk kemampuannya [Gatot Mardiwasisto]

JAKARTA: Meskipun belum memiliki berpengalaman sebagai direktur bank, namun Asisten Deputi Kementerian BUMN Gatot Mardiwasisto dinilai memiliki kompetensi untuk menjadi Direktur SDM Bank Rakyat Indonesia."Untuk kemampuannya [Gatot Mardiwasisto] kami tidak ragu lagi. Selain itu nanti dia juga akan menjalani fit and proper test [uji kemampuan dan kepatutan] oleh Bank Indonesia," ujar Parikesit Suprapto, Deputi Usaha Jasa Kementerian BUMN kepada Bisnis, Kamis 29 September.Dia menjelaskan kemampuan tersebut ditunjukan dari pengalaman Gatot yang pernah mengurus penyelesaian Bantuan Likuiditas Bank Indonesia dan proses merger antara Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia menjadi PT Bank Mandiri Tbk."Dia juga menjadi Ketua Pelaksana Virtual Holding Bank BUMN. Jabatan itu sudah setara dengan Direktur Eksekutif dari Holding Company pada umumnya," ujar Parikesit.Parikesit menjelaskan proses pemilihan Gatot sebagai Direktur BRI sudah berlangsung lama. Gatot menjalani uji kemampuan dan kepatutan di Kementerian BUMN dan bersaing dengan calon lain yang berasal dari internal BRI."Proses pemilihan itu bermula dari kebutuhan BRI untuk menambah dua Direktur. Pertama, Direktur Kepatuhan untuk menggantikan Direktur sebelumnya dan kedua, Direktur SDM yang merupakan jabatan baru yang dibentuk karena karyawan BRI saat ini sudah mencapai 80.000 orang," ujarnya.Dari pemilihan yang selesai pada Februari 2011 itu, lanjutnya, terpilih dua orang yang terbaik yakni Randi Anto dan Gatot Mardiwasisto. Randi Anto telah diangkat menjadi Direktur Kepatuhan, menggantikan Bambang Supeno pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilaksanakan pada akhir April 2011.Adapun Gatot, menurut dia, tidak diangkat pada saat yang sama sesuai dengan permintaan Menteri BUMN Mustafa Abubakar. "Jadi Pak Menteri mengatakan Pak Gatot nanti akan diangkat sebagai Direktur SDM pada RUPSLB," ujarnya.Kemarin, RUPSLB BRI mengangkat Gatot Mardiwasisto sebagai Direktur. Selain menjabat sebagai Asdep Menteri BUMN, pria lulusan Universitas Jayabaya pada 1976 dan bergelar Sarjana Akuntansi ini juga masih aktif menjabat sebagai Komisaris di PT Bank Tabungan Negara serta Komisaris PT BNI Securities, anak usaha Bank Negara Indonesia dibidang sekuritas.Menurut penelusuran Bisnis, Gatot pernah menjabat sebagai  Direktur Keuangan PT Kliring Berjangka Indonesia dan sejumlah jabatan fungsional di Kementerian BUMN dan Kementerian (dulu Departemen) Keuangan. Namun, pemegang gelar Pasca Sarjana dari Universitas Indonesia dan Ecole Superieure Lyon, Perancis ini diketahui belum mempunyai pengalaman sebagai direktur Bank. (Donald Banjarnahor/ea) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper