Setelah gaet Bank Sulut, CT buka pintu untuk BPD lain

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 01 Desember 2011  |  16:12 WIB

 

JAKARTA: Setelah berkomitmen menambah modal PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara, CT Corporation mengundang bank daerah lain untuk melakukan kerja sama dan sinergi bisnis.
 
Chairul Tanjung, Chairman CT Corpora, menyatakan grup usaha miliknya tetap membuka diri kepada bank daerah lain yang ingin bekerja sama dan sinergi bisnis dengan CT Corpora. 
 
“Tidak menutup kemungkinan apabila ada BPD lain ingin bersinergi dengan kami. Kami tetap membuka diri terhadap hal itu,” ujar Chairul dalam konferensi pers perubahan logo dan nama baru CT Corpora, hari ini.
 
Menurut dia, penambahan modal Bank Sulut akan dilakukan secara langsung maupun tidak langsung dengan porsi sekitar 30% dari total kepemilikan. 
 
Penambahan saham tersebut, lanjutnya, akan dilakukan secara dua tahap, mengingat ada aturan di Bank Indonesia bahwa akuisisi saham dengan porsi minimal 25% harus melalui proses fit and proper test terhadap pemilik. 
 
“Ketika Bank Sulut mengundang kami menjadi mitra strategis sebenarnya bukan hanya modal, tapi mereka juga menginginkan manajemen bisa meningkat. Dengan sinergi bersama CT Corpora baik di kelompok keuangan dan non keuangan diharapkan Bank Sulut bisa membesar,” ujarnya.
 
Sebelumnya, RUPSLB Bank Sulut telah menyetujui penambahan saham dari CT Corpora dengan porsi hingga 30%. Melalui penambahan modal tersebut, CT Corpora dipastikan akan menjadi pemegang saham terbesar kedua setelah Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang saat ini memiliki 49,35%.
 
Saat ini jumlah pemegang saham Bank Sulut mencapai 16 lembaga, yang terdiri atas 2 Pemprov dan sisanya adalah pemerintah Kabupaten/Kota. Jumlah modal disetor dari 16 pemegang saham tersebut mencapai Rp198 miliar. (arh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Donald Banjarnahor

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top