Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENYERTAAN MODAL: SMBC akan miliki 14,9% saham IIF

JAKARTA: Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) akan memiliki 14,9% saham PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) melalui penyertaan modal sekitar US$200 juta.Presdir IIF Kartiko Wirjoatmodjo berharap kerja sama penyertaan modal ini dapat mempercepat

JAKARTA: Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) akan memiliki 14,9% saham PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) melalui penyertaan modal sekitar US$200 juta.Presdir IIF Kartiko Wirjoatmodjo berharap kerja sama penyertaan modal ini dapat mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia."Dengan dukungan kuat dari SMBC, saya yakin kami bisa mewujudkan misi mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa, 20 Maret 2012. IIF merupakan perusahaan patungan yang dimiliki beberapa pemegang saham multilateral. Mereka a.l. PT Sarana Multi Infrastruktur Persero (SMI), International Finance Corporation (IFC), Asian Development Bank (ADB) dan Deutsche Investitions-und Entwicklungsgesellschaft mbH (DEG).Para pemilik modal itu sebelumnya telah menyetorkan modal US$160 juta. Dari modal tersebut, US$100 juta telah masuk ke dalam neraca IIF per akhir tahun 2011.Selain itu, IIF juga menerima pinjaman subordinasi dari Bank Dunia dan ADB senilai US$200 juta yang disalurkan melalui pemerintah Indonesia, khususnya melalui PT SMI.Sepanjang tahun ini, IIF menargetkan dapat merealisasikan pembiayaan hingga US$170 juta untuk proyek di sektor pembangkit listrik, jalan tol, penyediaan air bersih, pelabuhan serta sarana telekomunikasi.IIF dibentuk dengan tujuan mempercepat pembangunan infrastruktur melalui penyediaan fasilitas dan struktur pembiayaan yang inovatif, khususnya bagi proyek yang membutuhkan permodalan jangka panjang. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Munir Haikal
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper