Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Layani Peserta BPJS kesehatan

Bisnis.com, JAKARTA— PT Askes Persero menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk untuk pelayanan pembayaran iuran dan penerimaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Direktur Bisnis Kelembagaan BRI  Asmawi Syam mengatakan
Bisnis.com, JAKARTA— PT Askes Persero menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk untuk pelayanan pembayaran iuran dan penerimaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.
 
Direktur Bisnis Kelembagaan BRI  Asmawi Syam mengatakan banknya siap melayani BPJS di lebih dari 9.300 unit kerja secara nasional.
 
"Kami juga memiliki lebih dari 14.600 unit mesin anjungan tunai mandiri [ATM] yang siap melayani penerimaan dan  iuran BPJS Kesehatan," katanya, Jumat (12/7/2013).
 
Dia mengatakan lingkup kerja sama kedua instansi yakni dalam hal pelayanan jasa perbankan melalui BRI virtual account, keseragaman layanan transaksi perbankan, dan penempatan dana.
 
Menurutnya, fasilitas virtual account ditunjang dengan sistem real time online, sehingga seluruh pembayaran premi peserta BPJS melalui BRI virtual account dapat langsung tercatat di sistem Kepesertaan BPJS Kesehatan.
 
Seperti diketahui, PT Askes akan bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan pada awal tahun depan. 
 
Saat ini, perusahaan asuransi tersebut  melayani sekitar 16,4 juta peserta, yang terdiri dari PNS, pensiunan, dan veteran TNI/Polri.
 
Nantinya, BPJS Kesehatan akan melayani  sekitar 125 juta peserta atau naik 760%, dan diperkirakan akan mencapai 250 juta peserta 2019. 
 
"Oleh karenanya, BPJS Kesehatan perlu menggandeng perbankan yang dapat melayani peserta secara nasional. BRI dengan jaringan kerja tersebar dan terbesar di Seluruh Indonesia siap memberikan layanan secara optimal”, katanya.
 
Asnawi mengatakan banknya siap mendukung fasilitas cash management system untuk menduking operasional.
 
Direktur Utama PT Askes Fachmi Idris mengatakan kerja sama teraebut akab berjalan efektif pada tahun depan.
 
"BPJS Kesehatan merupakan perintah undang-undang, sehingga perlu dilaksanakan dengan baik. Kami berharap kerja sama dengan bank akan mendukung dalam penerimaan dan pembayaran iuran," katanya.
 
Dia mengatakan PT Askes juga berkewajiban menyosialisasikan program BPJS Kesehatan sebagai bagian dari persiapan transformasi. Oleh karenanya, Askes berharap BRI bisa membantu sosialisasi di setiap jaringan kantornya. (ltc)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper