Bank Sumut Raih Penghargaan IBLA 2014

Bank Sumut menerima penghargaan untuk kategori Saving Account Regional Development Bank. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Deputi Komisioner Edukasi dan Literasi Keuangan OJK Sri Rahayu Widodo didampingi CEO/Founder MarkPlus Hermawan Kartajaya kepada Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting.
Master Sihotang | 02 Maret 2014 07:26 WIB
Salah satu counter Bank Sumut - JIBI

Bisnis.com, MEDAN--Dinilai berhasil menciptakan dan mempertahankan nasabah-nasabah yang loyal melalui produk dan layanannya, Bank Sumut mendapat penghargaan dari ajang Indonesian Bank Loyalty Award (IBLA) 2014.


Bank Sumut menerima penghargaan untuk kategori Saving Account Regional Development Bank. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Deputi Komisioner Edukasi dan Literasi Keuangan OJK Sri Rahayu Widodo didampingi CEO/Founder MarkPlus Hermawan Kartajaya  kepada Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting.

Penghargaan yang diberikan kepada 11 bank nasional, 5 bank syariah dan 5 Bank Pembangunan Daerah (BPD) itu didasarkan pada hasil suvey tingkat kepuasan dan loyalitas nasabah perbankan untuk segmen consumer banking, dengan pengukuran indeks loyalitas nasabah yang mengacu pada empat tahapan loyalitas nasabah, yakni customer satisfaction, customer retention (relationship), migration barrier (partnership) dan customer enthusiasm (ownership).

Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting mengatakan prestasi yang diraih Bank Sumut tersebut berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan nasabah selama ini.

“Kami berterima kasih kepada seluruh nasabah yang telah memberikan kepercayaannya serta loyalitasnya kepada Bank Sumut. Penghargaan ini juga merupakan prestasi luar biasa dari seluruh karyawan Bank Sumut, yang sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus berkarya secara profesional meningkatkan kinerja Bank Sumut di masa yang akan datang," tuturnya.

Sebagai Bank Daerah, dia ingin menjadikan Bank Sumut menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Sumatera Utara. "Dan saya yakin seluruh Team kami siap melaksanakannya. Pengembangan bisnis yang fokus pada Public Services akan menjadi salah satu komitmen kami ke depan, khususnya untuk meningkatkan portofolio Saving Account kami.”.

Sementara itu, MarkPlus melalui siaran persnya menyebutkan, pihaknya melakukan survei pada Oktober-November 2013 yang dilakukan terhadap lebih dari 2.900 responden di enam kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar.

Survei mengevaluasi empat kategori yakni produk tabungan bank konvensional, produk bank syariah, kartu kredit dan produk tabungan bank daerah.

Dari hasil survei tersebut, MarkPlus Insight dan Majalah Info Bank melakukan monitoring terhadap indeks loyalitas nasabah perbankan yang disebut dengan Indonesian Bank Loyalty Index.

“Hasilnya kualitas hubungan antara bank dan nasabah yang semakin kuat akan memberikan mutual benefit bagi nasabah selaku pengguna layanan, maupun bagi bank yang mengharapkan peningkatan kontribusi profit setiap nasabahnya,” jelas Achmad Yunianto, Research Director MarkPlus Insight, seperti siaran pers yang diterima Bisnis Minggu (2/3/2014).

Pada kesempatan yang sama, Hermawan Kartajaya mengatakan, bank di Indonesia ke depan tidak lagi bisa mengandalkan aspek customer satisfaction untuk menciptakan dan menjaga loyalitas nasabah.

“Di era teknologi internet seperti kehadiran website dan social media, yang membawa konsekuensi perubahan pola interaksi sosial, bank harus bisa beradaptasi dalam pengelolaan relationship-nya dengan nasabah,” ujar. Hermawan.

Tag : bank sumut
Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top