Maybank Ingin Beli Perusahaan Asuransi di Indonesia

Malayan Banking Berhad atau Maybank Group berencana untuk melakukan aksi korporasi dengan membeli perusahaan asuransi di Indonesia agar dapat mendukung kinerja grup secara anorganik.
Sukirno | 02 Maret 2014 17:37 WIB
Bus Wisata Jakarta melintas di Bundaran Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (24 - 2).

Bisnis.com, KUALALUMPUR--Malayan Banking Berhad atau Maybank Group berencana untuk melakukan aksi korporasi dengan membeli perusahaan asuransi di Indonesia agar dapat mendukung kinerja grup secara anorganik. 

Presiden & CEO Maybank Datuk Abdul Farid Alias mengatakan Maybank Group tidak mungkin menggenjot pertumbuhan PT Bank Internasional Indonesia Tbk., sebagai anak usaha secara ogranik. Apalagi jika dibandingkan dengan bank-bank BUMN yang sangat besar.

"Pembelian perusahaan asuransi itu ada peluang, karena bisnis asuransi dapat memberikan keuntungan bagi perbankan terutama BII sebagai anak usaha," ungkapnya dalam konferensi pers, di Menara Maybank Kuala Lumpur Malaysia, Kamis (27/2/2014).

Kendati demikian, dia belum bersedia mengungkapkan perusahaan asuransi serta dana yang disiapkan untuk melakukan aksi korporasi itu. Bagi Maybank, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial dan sedang tumbuh pesat.

Menurut Farid, untuk mengakuisisi sebuah perusahaan finansial, mereka harus membicarakan budaya perusahaan yang dapat diterima oleh perusahaan yang akan diakuisisi.

Proses akuisisi, ucapnya, untuk menggenjot pertumbuhan anorganik itu tantangannya cukup tinggi. Pasalnya, dua perusahaan yang berbeda harus melakukan penggabungan dalam segala lini.

"Kalau tidak sukses, itu akan sulit. Kami akan melihat peluang, kalau ada, yang penting bisa menjadi keluarga Maybank," tuturnya.

Pada Agustus 2013, Maybank telah melebarkan sayap ke Indonesia dengan mengakuisisi PT GMT Aset Manajemen dan kini menjadi salah satu anggota kelompok keuangan Maybank Group di bawah Maybank Asset Management Sdn. Bhd (Maybank AM).

Tag : maybank
Editor : News Editor

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top