Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alhamdulillah, Dana Setoran Haji Bisa Dicek di ATM

Kementerian Agama akan menggandeng perbankan agar saldo dana setoran haji dapat dilihat melalui anjungan tunai mandiri (ATM).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Agama akan menggandeng perbankan agar saldo dana setoran haji dapat dilihat melalui anjungan tunai mandiri atau ATM.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu menyebutkan pada 3 April 2014 mendatang akan meluncurkan cara baru setoran haji khusus.

"Haji khusus akan mendapatkan pelayanan tambahan di mana bisa dibayarkan secara online, yang punya internet banking bisa bayar dan bisa dengan ATM," kata Anggito, Selasa (25/3/2014).

Dia menuturkan, proses setoran haji khusus juga akan dibuat lebih sederhana dari tadinya 4 tahap menjadi satu tahap saja.

Anggito mengharapkan perbankan bisa mengeluarkan sistem baru agar jamaah haji dapat mengecek saldo tabungan haji melalui ATM, meskipun dana tersebut tidak bisa ditarik oleh nasabah.

Selain itu, Kemenag juga akan meluncurkan tabungan khusus jamaah umrah dengan menggandeng perbankan syariah di Tanah Air. Program ini akan dimulai pada 9 April 2014.

Jika nantinya jamaah akan mengubah dari tabungan haji ke umrah, mereka bisa menambah kekurangan dana setoran untuk umrahnya.

"Kami akan buat regulasi untuk membuat semacam tabungan umrah, akan disisihkan dari dana hasil optimalisasi, caranya tergantung masing-masing bank," tutur Anggito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper