Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Diminta Perbaiki Struktural Terkait Inflasi

Mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menilai pemerintah perlu melakukan perbaikan struktural untuk memperbaiki kondisi neraca perdagangan yang merupakan salah satu penyumbang inflasi terbesar.

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menilai pemerintah perlu melakukan perbaikan struktural untuk memperbaiki kondisi neraca perdagangan yang merupakan salah satu penyumbang inflasi terbesar.

Menurutnya, upaya untuk menekan inflasi tidak dapat sepenuhnya bergantung pada Bank Indonesia melalui kebijakan moneter.

Secara struktural, pemerintah harus mengambil langkah-langkah strategis untuk memperbaiki kondisi.

“Buku Laporan Perekonomian Indonesia ini dari judulnya saja sudah terlihat secara implisit bahwa pemerintah harus melakukan sesuatu,” katanya dalam peluncuran laporan Perekenomian Indonesia 2013, Rabu (2/4/2014).

Buku laporan setebal 306 halaman tersebut mengambil tema “Menjaga Stabilitas, Mendorong Reformasi Struktural untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”.

Buku tersebut merupakan publikasi tahunan Bank Indonesia yang memaparkan dinamika ekonomi pada tahun yang bersangkutan dan kebijakan yang diambil oleh Bank Sentral untuk merespons kondisi yang terjadi.

Menurut Darmin, pelajaran yang dapat diambil pada tahun lalu adalah bahwa pemerintah terlambat mengambil langkah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak sehingga menyeret inflasi hingga melebihi ekspektasi.

Keterlambatan tersebut dibarengi dengan momentum hari raya yang secara periodik memang selalu mengerek inflasi.

“Jika kenaikan BBM dilakukan pada tahun sebelumnya, inflasi mungkin hanya akan berada pada kisaran 6%,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper