Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Sosialisasi Pengawasan Perbankan di Medan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan sosialisasi kepada perbankan di Medan mengenai fungsi pengawasan dan penanganan tindak pidana. Medan merupakan kota keempat setelah kegiatan yang sama dilakukan di Bandung, Semarang, dan Surabaya.n
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, MEDAN--Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan sosialisasi kepada perbankan di Medan mengenai fungsi pengawasan dan penanganan tindak pidana. Medan merupakan kota keempat setelah kegiatan yang sama dilakukan di Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Deputi Komisiner Pemeriksaan Khusus dan Investigasi Perbankan OJK Endang Kusulanjari menyebutkan pada hari ini, (19/6/2014) pihaknya didampingi Perwakilan OJK Regional 5 Sumatra melakukan sosialisasi kepada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Sumut.

"Sosialisasi kami lakukan bertahap. Besok kami akan menggelar kegiatan serupa untuk perbankan umum di Sumut," ujar Endang.

Lebih lanjut, Endang menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk meredam tingkat pengaduan masyarakat terhadap dugunaan tindak pidana perbankan.

Adapun, jika terjadi pelaporan dugaan tindak pidana, akan langsung diperiksa oleh tim pengawas dan investigasi perbankan OJK. Tim ini nantinya akan merekomendasikan analisis serta sanksi kasus terkait kepada penyidik yang berwenang.

"Namun, kendalanya adalah kami belum memiliki penyidik tetap, sehingga harus bekerja sama dengan kepolisian. Kemudian tentu akan ada proses lanjutan ke pengadilan dan seterusnya," tambah Endang.

Adapun, pada tahun depan, OJK akan mulai melaksanakan pengawasan terintegrasi terhadap seluruh konglomerasi lembaga keuangan dan nonkeuangan.

Pembentukan tim pengawasan terintegrasi akan tercantum dalam peraturan OJK (POJK) yang ditargetkan selesai pada kuartal IV/2014.

Total, OJK mencatat terdapat 30 konglomerasi dengan induk perusahaan perbankan, dan satu konglomerasi dengan induk perusahaan sekuritas.

"Untuk regional Sumatra sementara pada tahun depan belum akan diterapkan pengawasa terintegrasi, karena BPD yakni Bank Sumut belum memiliki anak usaha, begitu juga BPD lainnya. Tapi tidak menutup kemungkinan jika UUS melakukan spin off," pungkas Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper