Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASURANSI SYARIAH: Di Pontianak, Didominasi Kendaraan Bermotor Dan Kebakaran

Premi asuransi syariah dari kendaraan bermotor, terutama mobil dan properti masih dominan di Kota Pontianak, dibandingkan dengan jenis premi lainnya di Kota Pontianak.

Bisnis.com, PONTIANAK – Premi asuransi syariah dari kendaraan bermotor, terutama mobil dan properti masih dominan di Kota Pontianak, dibandingkan dengan jenis premi lainnya di Kota Pontianak.

Kepala Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Kalimantan Barat Suparwan mengatakan komposisi pengusaan pasar keduanya mencapai sekitar 40%-45% karena menjamurnya pembelian mobil dan pemilik usaha yang melindungi bisnisnya dari bencana kebakaran.

“Kalau dilihat data pada 2012 mengalami peningkatan kira-kira dari 30%-40% menjadi 40%-45% mungkin 2014 ini, untuk premi kendaraan dan properti (kebakaran),” kata Suparwan kepada Bisnis, Selasa (28/10/2014).  

Menurutnya, pertumbuhan kepemilikan kendaraan roda empat cukup tinggi dan menggeliatnya usaha-usaha skala besar di Kalimantan Barat menjadikan kesadaran masyarakat untuk melindungi dengan asuransi juga sangat tinggi.

Suparwan menyatakan hal di atas berdampak dengan mulai munculnya pelaku industri asuransi syariah setelah melihat fenomena pangsa pasar di Kota Pontianak. Premi lainnya yang diminati masyarakat Kota Pontianak adalah kargo kapal, galangan kapal, dan kesehatan. 

“Jumlah asuransi syariah di Kota Pontianak sekitar di bawah 10 asuransi. Tahun ini baru ada yang spin off (pemisahan) yaitu dari ACA menjadi ACA Syariah.

Sementara yang benar-benar asuransi syariah adalah PT Asuransi Tafakul Pontianak,” katanya, di sela-sela pembukan Kantor Unit Layanan Asuransi Syariah ACA Pontianak.

Menurutnya, penetrasi industri asuransi syariah di Kota Pontianak adalah hal positif karena semakin banyak pilihan dan kesadaran masyarakat Kalbar untuk berasuransi.  

Suparwan menyakini selain tuntutan pasar keluarnya beledi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap pemisahan dari asuransi konvensional dan syariah seiring perjalanan waktu akan menjamurnya asuransi syariah dan pendirian kantor-kantor unit layanan syariah di Kota Pontianak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper