Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Carlos Slim Turun Peringkat Dari Daftar Orang Kaya Sedunia. Ini Dia Penjegalnya

Carlos Slim, peringkat sebagai orang terkaya kedua di dunia akhirnya harus tergeser karena dia kehilangan 2,3% atau sebesar US$1.7 miliar seperti yang dirilis oleh Bloomberg. Begitu juga terlihat dari perubahan YTD, berkurang US$3.8 miliar atau 5,1%.
 Carlos Slim sang Pemilik America Movil
Carlos Slim sang Pemilik America Movil

Bisnis.com, JAKARTA—Carlos Slim akhirnya harus tergeser dari posisi orang terkaya kedua di dunia.

Slim terdepak dari posisi kedua karena kehilangan 2,3% atau sebesar US$1.7 miliar, seperti dirilis Bloomberg. Begitu juga terlihat dari perubahan YTD, berkurang US$3.8 miliar atau 5,1%.

Pria Meksiko yang masuk dalam jajaran 5 orang terkaya di dunia ini mengontrol America Movil, termasuk perusahaan operator telepon terbesar di Amerika di antaranya adalah saham 57%.

Mayoritas kekayaan Slim berasal dari sejumlah saham di beberapa perusahaan publik.

Selain itu, orang yang terobsesi akan New York Yankees—tim bisbol favoritnya—ini memiliki posisi terbesar di bidang perbankan dan perusahaan asuransi Grupo Financiero Inbursa dan perusahaan pertambangan Minera Frisco.

Saham miliarder ini juga setidaknya berada dalam setengah lusin perusahaan lain, termasuk New York Times dan Philip Morris, dan itu mampu membuat keseimbangan kepemilikan publik sehingga banyak perusahaan yang membayar dividen.

Menurut data yang dikumpulkan Bloomberg, Slim telah mengumpulkan lebih dari US$5,5 miliar pendapatan dividen dalam dekade terakhir.

Berdasarkan analisis transaksinya seperti insider, kinerja pasar, investasi, sumbangan amal dan pajak, investor Meksiko mungkin memiliki lebih dari $6 miliar pada seni, kas dan aset investable lainnya.

Meraih gelar teknik sipil di Universitas Otonom Nasional Meksiko Sekolah Teknik pada tahun 1961 ini memulai perusahaan konstruksi Inmobiliaria Carso dan diinvestasikan selama krisis utang Meksiko tahun 1980-an untuk membeli saham industri tembakau, tembaga dan pertambangan. Itu terjadi saat Slim berusia 25 tahun.

Selain itu, dia juga membeli restoran dan rantai ritel Sanborn Hermanos.

Satu dekade kemudian, 1990-an Slim mengambil alih Telmex—perusahaan telepon milik negara—dan Grupo Condumex, produsen kawat dan kabel serat optik.

Dia mulai memperoleh hak operasi ponsel di seluruh Amerika Latin di bawah bendera Amerika Movil.

Meski begitu, kini ia harus merelakan singgasana orang terkaya kedua di dunia kepada Warren Buffett.

Buffett berhasil bertengger di posisi dua besar orang terkaya sejagat setelah perusahaannya Berkshire Hathaway Inc. mencatatkan rekok transaksi saham yang tinggi.

Perusahaan yang berkantor pusat di Omaha, Nebraska, AS, itu menggelontorkan kekayaan sebesar 27 persen pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Saeno
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper