Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Danamon Syariah dan ITFC Tanda Tangani Kerja Sama US$200 Juta

Danamon Syariah menandatangani perjanjian kerjasama dalam Shariah Joint Trade Financing di Indonesia dengan International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC), institusi keuangan yang merupakan anggota Islamic Development Bank (IDB) Group.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 22 Januari 2015  |  20:00 WIB
Eng. Hani Salem Sonbol, Deputy CEO International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC) dan Henry Ho, Direktur Utama Danamon disaksikan Mulya E. Siregar, Deputi Komisioner OJK menandatangani perjanjian kerja sama untuk mengembangkan Shariah Trade Financing di Indonesia, Kamis (22/1/2015) di Jakarta. - danamon syariah
Eng. Hani Salem Sonbol, Deputy CEO International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC) dan Henry Ho, Direktur Utama Danamon disaksikan Mulya E. Siregar, Deputi Komisioner OJK menandatangani perjanjian kerja sama untuk mengembangkan Shariah Trade Financing di Indonesia, Kamis (22/1/2015) di Jakarta. - danamon syariah

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) melalui unit usaha syariahnya, Danamon Syariah, menandatangani perjanjian kerjasama dalam Shariah Joint Trade Financing di Indonesia dengan International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC), institusi keuangan yang merupakan anggota Islamic Development Bank (IDB) Group.

Tujuan utama dari kerjasama ini adalah mengembangkan Shariah Trade Financing atau pembiayaan perdagangan syariah, mendorong dan mempercepat pertumbuhan pembiayaan syariah yang produktif, serta mensinergikan kekuatan kedua institusi.

Kerjasama ini ditargetkan untuk mencapai US$1 miliar dalam 5 tahun pertama, dimulai dengan US$200 juta pada 2015. Perjanjian ini ditandatangani di Jakarta oleh Henry Ho, Direktur Utama Danamon; Herry Hykmanto, Direktur Danamon Syariah; dan Eng. Hani Salem Sonbol, Deputy CEO  ITFC.

“Sebagai salah satu bank yang terkemuka di bidang trade finance di Indonesia, Danamon menyambut baik kerjasama dengan ITFC. Ini merupakan pertama kalinya ITFC berkolaborasi dengan bank di Indonesia dalam kerjasama Shariah Joint Trade Financing," ujar Henry Ho, Direktur Utama Danamon, Kamis (22/1/2015).

Danamon akan menjadi agen yang akan mengatur pembiayaan kepada nasabah, menyediakan layanan trade finance dan mengelola agunan perdagangan.

Henry Ho percaya dengan kolaborasi bersama ITFC ini ke depannya akan membawa hasil yang baik untuk kemajuan Shariah Trade Finance di Indonesia. Hal ini sejalan dengan misi Danamon yaitu menjadi organisasi yang berorientasi pada nasabah, melayani semua segmen dengan menawarkan keunggulan produk berdasarkan penjualan dan pelayanan yang prima.

Kedua pihak, Danamon dan ITFC, menyadari kemampuan serta sumber daya masing-masing dan dengan kerjasama ini sepakat untuk melakukan usaha terbaik guna memberdayakan kemampuan sumber daya tersebut untuk mencari peluang kerja sama dalam pembiayaan perdagangan bersama (joint trade financing) di Indonesia yang sesuai dengan prinsip syariah.

Joint trade financing ini memungkinkan nasabah segmen corporate dan commercial Danamon mendapatkan layanan trade finance yang lebih lengkap dengan harga bersaing.

Eng. Hani Salem Sonbol, Deputy CEO ITFC, mengatakan “Kami senang bekerjasama dengan Danamon dalam kolaborasi ini karena Danamon merupakan mitra trade finance yang tepat dan aktif, kemitraan ini akan menjadi tonggak dalam meningkatkan pertumbuhan Shariah Trade Finance di Indonesia."

Bagi ITFC, kerja sama ini sejalan dengan mandat utama perusahaan kami yakni menyediakan trade financing dan memfasilitasi perdagangan antar negara-negara anggota dan negara-negara lainnya.

“Merujuk pada surat Al-Baqarah, ayat 275, yang menyatakan Allah mengizinkan perdagangan dan melarang Riba, Islam sangat mengedepankan perdagangan. Oleh karena itu, merupakan suatu kebanggaan kita menandatangani kesepakatan ini dengan ITFC yang akan mendukung kemajuan shariah trade finance di Indonesia."

Pembiayaan akan diprioritaskan bagi mereka yang sudah menjadi nasabah Danamon, dan  sebagai awalnya, ITFC telah menjalin kerjasama dengan beberapa nasabah yang akan merintis usaha dan memerlukan solusi trade finance yang lebih komprehensif.

ITFC

The International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC) adalah sebuah entitas otonom anggota Islamic Development Bank (IDB) Grup yang didirikan dengan tujuan memajukan perdagangan untuk meningkatkan kondisi ekonomi dan kehidupan masyakat Islam di seluruh dunia. ITFC telah mengkonsolidasikan semua bisnis trade finance yang sebelumnya ditangani oleh berbagai entitas dalam IDB Group.

ITFC mulai beroperasi pada Januari 2008. Konsolidasi kegiatan trade finance IDB Group di bawah satu payung meningkatkan efisiensi korporasi dalam pemberian layanan dengan memungkinkan respon cepat terhadap kebutuhan pelanggan dalam lingkungan bisnis yang digerakkan oleh pasar.

Sebagai pemimpin dalam shari’ah-compliant trade finance, ITFC menyebarkan keahlian dan dana kepada perusahaan dan pemerintah di negara-negara anggotanya. Fokus utamanya adalah untuk mendorong perdagangan antar negara-negara anggota OIC (Organization of Islamic Cooperation).

Sebagai anggota IDB Group, ITFC memiliki akses unik ke pemerintah di negara-negara anggotanya dan bekerja sebagai fasilitator untuk memobilisasi sumber daya swasta dan publik untuk mencapai tujuan membina pembangunan ekonomi melalui perdagangan.

ITFC membantu bisnis di negara-negara anggota mendapatkan akses yang lebih baik untuk trade finance dan menyediakan mereka dengan alat pengembangan kapasitas yang terkait dengan perdagangan yang diperlukan dalam rangka membantu mereka bersaing dengan sukses di pasar global.

Mengoperasikan standar kelas dunia, misi ITFC jelas sesuai mandatnya untuk menjadi katalisator pengembangan perdagangan di antara negara-negara anggota OIC dan dengan seluruh dunia. ITFC bercita-cita untuk menjadi penyedia solusi perdagangan yang diakui, untuk kebutuhan negara-negara anggota OIC; untuk memenuhi brand promise mereka yakni Advancing Trade & Improving Lives (memajukan perdagangan dan & meningkatkan kehidupan).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

danamon syariah ITFC
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top