Bensin dan Cabai Sumbang Deflasi 0,61% di Riau

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat dari gabungan tiga kota utama wilayah itu pada Januari mengalami deflasi sebesar 0,61%.
Arif Gunawan | 02 Februari 2015 15:59 WIB
Penurunan harga BBM bersubsidi berkontribusi terhadap deflasi di sejumlah daerah - Ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU - Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat dari gabungan tiga kota utama di wilayah itu pada Januari mengalami deflasi sebesar 0,61%.

Kepala BPS Riau Mawardi Arsyad mengatakan kelompok pengeluaran yang memberi kontribusi besar pada deflasi yaitu komponen transportasi dan bahan makanan.

"Kelompok tranportasi dengan deflasi sebesar 4,57% dan kelompok bahan makanan juga deflasi sebesar 0,28%, komoditas utama penyumbangnya yaitu bensin dan cabai merah," kata Mawardi, Senin (2/2/2015).

Deflasi Riau sebesar 0,61% pada Januari adalah rerata deflasi dari tiga kota utama, yakni Pekanbaru dengan deflasi 0,69%, Dumai dengan deflasi 0,37% dan Tembilahan dengan deflasi 0,19%.

Sementara itu, lima kelompok pengeluaran lainnya yakni kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau mengalami inflasi 0,39%. Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar dengan inflasi 0,76%.

Kelompok sandang sebesar 0,52%. Kelompok kesehatan sebesar 0,34%. Serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,06%.

"Beberapa kondisi yang kami temukan, harga nasi ramas, harga elpiji, air isi ulang terus naik dan ini tetap memberi andil inflasi di Riau," katanya.

Tag : riau, deflasi, cabai, bensin
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top