BPJS Kesehatan Gandeng ICMI Tingkatkan Kampanye Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) guna meningkatkan upaya promotif preventif.
Amanda Kusumawardhani | 02 Maret 2015 19:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) guna meningkatkan upaya promotif preventif.

Adapun, yang termasuk program promotif preventif adalah imunisasi dasar lengkap dan vaksinasi, program Keluarga Berencana (KB), dan screening kesehatan. Khusus program terakhir yakni screening kesehatan terdiri dari diabetes mellitus, hipertensi, deteksi kanker serviks, dan kanker payudara.

“Promosi program preventif ini krusial karena tugas BPJS Kesehatan tidak hanya melakukan upaya penyembuhan, tetapi juga upaya pencegahan,” ucap Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris seperti dikutip Bisnis.com, Senin (2/3/2015).

Sebagaimana diketahui, Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Pasal 21 Ayat 1, salah satu manfaat pelayanan promotif preventif meliputi penyuluhan kesehatan perorangan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Untuk itu, BPJS Kesehatan berharap kerja sama tersebut dapat memaksimalkan fungsi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai wadah edukasi kesehatan sebelum sakit.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk menyukseskan program promotif preventif melalui program Desa Sehat Mandiri dan optimalisasi fungsi 25 pos sehat yang tersebar di Jabodetabek, Karawang, dan Sukabumi.

Tag : bpjs kesehatan
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top