Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSM Ingin Terlibat Dalam Menjadi Peserta Lelang SBSN

PT Bank Syariah Mandiri (BSM) akan mengajukan diri sebagai bank peserta lelang dan meningkatkan peran dalam perdagangan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di pasar sekunder pada tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Syariah Mandiri (BSM) akan mengajukan diri sebagai bank peserta lelang dan meningkatkan peran dalam perdagangan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di pasar sekunder pada tahun ini.

Senior Executive Vice Presiden (SEVP) BSM Kusman Yandi mengatakan dengan menjadi peserta lelang, perusahaan dapat berpartisipasi langsung dalam perdagangan SBSN di pasar perdana atau primer.

"BSM turut menjadi peserta lelang, dengan bekerja sama dengan induk perusahaan. Sasaran utama BSM adalah membuat perdagangan SBSN di pasar sekunder lebih likuid," ujarnya di Jakarta, Senin (2/3/2015).

Menurutnya, selain penempatan dana pada Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) dan Fasilitas Simpanan Bank Indonesia Syariah (Fasbis), SBSN ini dapat menjadi alternatif instrumen pengatur likuiditas bagi bank.

"BSM berpartisipasi aktif dalam perdagangan SBSN maupun obligasi syariah atau sukuk korporasi yang diterbitkan emiten di pasar modal syariah Indonesia. Saat SBSN pertama terbit 2008, BSM membeli IFR 001 senilai Rp250 miliar," katanya.

Kusman menuturkan BSM dipercaya sebagai salah satu agen penjual sukuk ritel (SR) sejak pemerintah menerbitkannya pertama kali pada 2009, yakni SR-001 hingga SR-007 yang diterbitkan 2015.

Selama ini, BSM mampu menjual sukuk ritel rerata 89% dari total kuota yang diberikan pemerintah. Padahal, market share bank syariah di pasar sukuk pemerintah baru sekitar 6,01% dan untuk bank konvensional sekitar 27,55%.

"Bank Syariah Mandiri saat ini merupakan bank syariah dengan pangsa pasar terbesar. Per Desember 2014, market share BSM masing-masing untuk aset 24,58%, Dana Pihak Ketiga (DPK) 27,46%, dan pembiayaan 24,65%," tutur Kusman.

Hingga November 2014, total penerbitan sukuk korporasi mencapai Rp6,92 triliun dan emisi SBSN senilai Rp205 triliun atau 11% dari total penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp1.934 triliun.

"Per Januari 2015, nilai penerbitan SBN mencapai Rp2.021,02 triliun atau 74,8% dari total utang pemerintah," kata Kusman.

Dengan meningkatkan partisipasi di pasar modal syariah, BSM berharap dapat meningkatkan pangsa pasar bank syariah di pasar modal syariah, khususnya untuk SBSN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper