BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi Lebih Baik Dari 2014

Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai membaikPertumbuhan ekonomi pada 2015 diprakirakan akan berada pada kisaran level 5,4% hingga 5,8%.
Yanita Petriella | 17 Maret 2015 17:29 WIB
Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai membaik. - JIBI
Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai membaik
 
Pertumbuhan ekonomi pada 2015 diprakirakan akan berada pada kisaran level 5,4% hingga 5,8%.
 
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan pada tahun ini akan lebih tinggi dari tahun 2014.
 
Pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2015, lanjutnya, diperkirakan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Hal itu ditopang oleh konsumsi swasta yang meningkat seiring dengan terkendalinya inflasi.
 
"Konsumsi pemerintah juga membaik sejalan dengan peningkatan pengeluaran pemerintah," ujarnya di Gedung BI, Selasa (17/3/2015).
 
Bank sentral memperkirakan ekspor Indonesia masih terkontraksi, walaupun mulai mengalami perbaikan karena turunnya harga komoditas dan masih lemahnya permintaan dunia.
 
"Investasi diperkirakan masih tumbuh terbatas pada triwulan I 2015 namun akan meningkat pada triwulan-triwulan selanjutnya seiring dengan meningkatnya belanja modal pemerintah," kata Tirta.
 
Target pertumbuhan ekonomi, lanjutnya, ditopang terutama oleh pertumbuhan investasi yang meningkat seiring dengan realisasi berbagai proyek infrastruktur dan perbaikan iklim investasi.
 
"Konsumsi yang tetap kuat dan eskpor yang secara gradual akan membaik," ucap Tirta.
 
Tag : bank indonesia
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top